ITALIA-Kemenangan Tim pabrikan Yamaha ke 501 sepanjang keikutut sertanya di ajang Gran Prix roda dua ini tidak lepas dari hasil kerja keras tim untuk terus berinovasi dalam mengembangkan mesin sehingga terus tampil dengan kompitif sepanjang musim MotoGp.

Pembalap Yamaha Movistar Valentino Rossi tercatat sebagai pembalap yang telah menyumbangkan kemenangan ke-501 buat tim belambang garputala itu, hasil tersebut diraihnya pada seri GP Belanda, Assen lalu.

Kemenangan 501 Yamaha tersebut terbagi di lima kelas berbeda, yakni 125cc (47 kemenangan), 250cc (165 kemenangan), 350cc (63 menang), 500cc (120 kemenangan) dan MotoGP (106 menang). Ada tiga sirkuit yang menjadi langganan menang tim Garputala, yakni Assen (37), Brno (32 kali), dan Salzburgring (20).

Legenda balap motor Italia, menuturkan keberhasilan Yamaha mencetak kemenangan ke-501 merupakan hasil dari kerja keras dan tekad untuk selalu berinovasi dalam pengembangan mesin.

"Saya memiliki kenangan indah tentang tahun-tahun saya bersama Yamaha. Ketika saya meninggalkan MV Agusta dan Italia pada 1974. Saya khawatir, tapi setelah melakukan perjalanan ke Jepang, di mana saya bertemu dengan para manajer dan insinyur, saya menyadari bahwa saya telah menemukan keluarga baru," kenang Agostini seperti dikutip dari Speedweek, Senin (17/7/2017).

Performa dari tim Yamaha sampai saat ini yang ditunjukan oleh dua pembalapnya yakni Valentino Rossi da Marverick Vinales di lintasan, tidak menutup kemungkinan untuk terus mencetak dan terus memperbaiki koleksi kemenangan Yamaha di seri MotoGP berikutnya.