BREAKINGNEWS.CO.ID – Ganda campuran Indonesia, Ronald Alexander/Annisa Saufika gagal melaju ke babak 16 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2018. Pasangan muda Indonesia ini harus mengakui keunggulan salah satu ganda campuran andalan tuan rumah Wang Yilyu/Huang Dongping, dengan skor 9-21, 21-15, 15-21 dalam laga mereka yang berlangsung di Nanjing Youth Olympic Games Sport Park Arena, Nanjing, Cina, Selasa (31/7/2018) WIB.

Kekalahan Ronald/Annisa ini sebelumnya telah diprediksi sejak awal, mengingat lawan yang mereka hadapi bukan  sembarangan. Wang Yilyu/Huang Dongping tampil sebagai unggulan kedua, sementara Ronald/Annisa tampil sebagai non unggulan. Dalam pertandingan tersebut, Ronald/Annisa sebenarnya tampil cukup baik. Meski sempat dipecundangi di set pertama, namun mereka mampu menunjukan perlawanan di set kedua dan berhasil mencuri keunggulan, sehingga memaksa pasangan Cina tersebut untuk menentukan kemenangan di set penentuan.

Menanggapi kekalahan mereka ini, Ronald/Annisa mengaku kalau mereka kurang siap dalam menghadapi lawan berat seperti Wang/Huang. Masih banyak kekuarangan yang perlu diperbaiki, terutama dalam hal menjaga konsistensi permaian saat dalam lapangan. "Memang disayangkan, padahal kami sudah menemukan permainan yang tepat. Tetapi di akhir game kami banyak diserang lawan. Kami sudah berusaha untuk terus cari peluang menyerang lebih dulu, tapi justru banyak ragu-ragu," kata Annisa setelah pertandingan.

"Kami agak hilang fokus waktu pertengahan game ketiga. Nah, kalau hilang fokus sedikit waktu lawan mereka, bisa kehilangan banyak poin," ujar Ronald seperti yang dilansir dari Badmintonindonesia.org.

"Awal pertemuan agak kaget sama permainan mereka, selain punya pukulan kencang, mereka juga pertahanannya cukup rapat. Di-smash tidak langsung 'mati'" tambah Ronald.

Dengan kekalahaan Ronald/Annisa ini, maka Indonesia hanya berhasil mengirimkan dua wakilnya di sektor ganda campuran, lewat pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti yang meraih kemenangan telak atas Do Tuan Duc/Pham Nhu Thao (Vietnam), dengan skor 21-8, 21-6. Kemenangan Praveen/Melati tersebut menyusul langkah Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja ke babak 16 besar. Hafiz/Gloria melaju lewat kemenangan straight game atas Pranaav Jerry Chopra/Sikki Reddy (India), dengan skor 21-16, 21-4.