HOUSTON – Houston Rockets berhasil membalikkan kedudukan menjadi 3-2 atas Golden State Warriors dalam babak final NBA Wilayah Barat musim 2017/2018. Hal itu dipastikan mereka usai melumat Warriors dengan skor 98-94 di gim kelima yang berlangsung di Toyota Center, Houston, Jumat (25/5/2018).

Rockets yang tampil sebagai tuan rumah membuka laga mereka dengan baik. Keunggulan dengan skor 23-17 dipastikan mereka dengan mudah. Memasuki kuarter kedua, Warriors mencoba bangkit dan berbalik menekan Rockets. Warriors pun sukses mencuri keunggulan di kuarter kedua dengan skor 22-28 untuk memperkecil ketertinggalan poin mereka menjadi 53-45.

Pada kuerter ketiga, laga berjalan makin menegangkan. Kedua tim silih berganti memimpin. Namun pada akhir kuarter tiga, Warriors bisa unggul setengah bola atau dengan skor 26-27. Tapi pada kuarter keempat, Rockets yang dimotori Eric Gordon bisa kembali unggul. Tembakan tiga angka Gordon saat laga tersisa satu menit 21 detik membuat Rockets empat poin.

Warriors kembali mendekat setelah Draymond Green juga melesakkan tembakan tiga angka. Warriors gagal berbalik unggul setelah lay-up Stephen Curry dengan tersisa 13 detik meleset dari sasaran. Bintang Rocket Trevor Ariza nyaris jadi pecundang. Dia cuma memasukkan satu dari dua hadiah free throw. Warriors pun masih berpeluang berbalik unggul jika mencetak tembakan tiga angka.

Beberapa detik kemudian, giliran Green menjadi pecundang. Dalam kondisi genting, bola yang berada dipenguasaan Green dicuri oleh Gordon. Green terpaksa melanggar Gordon. Dua free throw dengan baik dieksekusi Gordon guna memastikan kemenangan Rockets.