JAKARTA - Rhoma Irama bergabung ke Partai Amanat Nasional (PAN). Ketum PAN Zulkifli Hasan mengatakan, hal itu sebagai kehormatan. Rhoma dinilai tokoh yang sangat kuat di masyarakat. "Tentu ini satu kehormatan yang besar, Bang Haji legenda seniman musik Indonesia yang sangat kuat di akar rumput. Insyaallah nanti akan bergabung dengan PAN," kata Zulkifli di Hotel Royal Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (12/5/2018).

Bergabungnya Rhoma diyakini Zulkifli membawa dampak besar bagi PAN, terutama terkait Pemilu 2019. Jaringan Partai Idaman yang dipimpin Rhoma sudah ada di wilayah Indonesia. "Jaringannya luas, tentu ini akan memperkuat penggalangan kita di bawah," sambungnya.

Masuknya Rhoma ke PAN, dimaksud Zulkifli, menjadi bukti PAN mendapatkan kepercayaan. PAN bersama Rhoma serta Partai Idaman juga akan bergerak bersama di tingkat kabupaten/kota sampai pusat.

Disamping itu, Rhoma sebelumnya mengatakan partainya tidak akan bubar walaupun bergabung dengan PAN. Idaman, menurut Rhoma, juga akan berkoalisi menghadapi Pileg serta Pilpres 2019.

Partai Idaman dinyatakan tidak lolos verifikasi. Pengadilan Tata Usaha Negara menolak gugatan yang diajukan Partai Idaman berkaitan keputusan KPU mengenai partai peserta pemilu.