BREAKINGNEWS.CO.ID- Para penghuni Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin di Bandung, mendapatkan tamu istimewa pada Selasa (4/7/2018) siang. Salah satu pejabat lembaga tertinggi negara, yakni Wakil Ketua MPR RI  Mahyudin, datang berkunjung ke Lapas  yang dikenal sangat melegenda itu.

Mahyudin datang pada Selasa siang bersama para stafnya di MPR. Tamu istimewa ini langsung diterima oleh Kepala Lapas Sukamiskin , Wahid Husen. Setelah bertemu Wahid, Mahyudin langsung diantar untuk bertemu dengan salah satu penghuni Lapas yang ingin ia kunjungi, yakni Setya Novanto.

Mereka beramah tamah di halaman Lapas Sukamiskin yang memang ditata sejuk dan asri. Setnov sendiri selalu menyebut Lapas Sukamiskin dengan sebutan pesantren. “Ini sama dengan pesantren kok,” begitu Setnov sering menyatakan kondisi di Sukamiskin.

Setnov dan Mahyudin pun seperti melakukan reuni kecil, lantaran ada pula beberapa kader Patrai Golkar yang berada di Lapas Sukamiskin, turut serta dalam pertemuan itu. Mulai dari mantan Gubernur Riau Anas Maamun, hingga beberapa mantan wali kota, bupati dan anggota DPR.

Setnov Sering Mengaji

Pertemuan itu berlangsung sejak pukul dua siang , hingga menjelang sore hari, atau jadwal kunjung selesai. Dalam pertemuan atau kunjungan Mahyudin ini juga sempat bertemu dengan para pemuka agama. Bahkan mantan Ketua DPD (Dewan  Perwakilan Daerah)  Irman Gusmsn. Irman Gusman sendiri divonis 4,5 tahun penjara karena menerima suap Rp 100 juta terkait kuota pembelian gula impor di Perum Bulog.  

Dalam pertemuan mereka itu sempat membicarakan kegiatan Setnov sehari-hari di Lapas Sukamiskin. Maklum, selama di Lapas Sukamiskin sendiri, Setnov memang dikenal lebih banyak melakukan kegiatan keagamaan dan mendekatkan diri kepada Allah. Kepada Mahyudin, mantan Ketua Umum Partai Golkar ini menyatakan dirinya kini lebih rajin mengaji selama di Sukamiskin. Maklum kesibukannya sebagai politisi kini sudah jauh berkurang. Selain itu Setnov juga selalu berdoa dan memaafkan orang-orang yang selama menzoliminya, baik sengaja maupun tidak disengaja. Walau demikian, Setnov juga mengakui jika selama berada di Sukamiskin masih banyak DPD2 dan pengurus Partai Golkar yang mengunjunginya.

Mahyudin dan Setya Novanto selama ini memang dikenal sebagai sahabat karib. Keduanya meniti karier politik dari Partai Golkar dan menjadi pejabat negara. Jika dulu Setya Novanto menjadi Ketua DPR, maka Mahyudin kini masih menduduki posisi Wakil Ketua MPR.