JAKARTA – Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Lestari Priansari Marsudi mengungkapkan bahwa saat ini Indonesia dan Timor Leste berpacu untuk menuntaskan permasalahan perbatasan, terutama perbatasan laut. Masalah batas laut kedua negara menjadi salah satu pembahasan paling utama kala Menlu Retno bertemu dengan Menteri Luar Negeri Timor Leste, Aurelio Guterres di sela-sela Bali Democracy Forum (BDF) ke-10 di Serpong, Banten.

“Perbatasan darat akan segera kita selesaikan, dan prosesnya masih terus berjalan. Saat ini kita tengah berkonsultasi dengan masyarakat setempat,” kata Retno saat konferensi pers bersama dengan Aurelio, Jumat (8/12/2017). Sementara itu, Aurelio mengatakan kalau hubungan kedua negara terjalin sangatlah baik. Menurut dia, hubungan baik itu terlihat dari kerapnya kedua negara untuk sama-sama membantu dalam berbagai hal.

“Hubungan kita bukan hubungan semalam, tapi saling membantu dalam hal menguntungkan. Dan saat ada masalah, pendekatan yang kita kedepankan untuk mencapai solusi,” ujar diplomat Timor Leste yang fasih berbahasa Indonesia tersebut.