BREAKINGNEWS.CO.ID - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat akan menghapus Persatuan Angkat Besi, Angkat Berat, dan Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI) secara resmi pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang berlangsung 25 Agustus 2020 mendatang di Jakarta.

Hal tersebut dilakukan karena adanya pemisahan organisasi internasional dari ketiga cabang olahraga tersebut.

Pada awalnya, ketiga cabang olahraga tersebut tergabung dalam Internasional Weighlifting Federation (IWF), kemudian terpecah menjadi tiga. Antara lain, Federasi Angkat Besi Internasional atau Internasional Weighlifting Federation (IWF), Federasi Olahraga Binaraga dan Fitnes atau World Bodybuilding & Physique Sports Federation (WBPF), dan Federasi Angkat Berat Internasional atau International Powerlifting Federation (IPF).

"Kita harus mengikuti aturan internasional. Makanya, saya sudah siapkan akte pendirian ketiga cabang olahraga dan telah terdaftar di Depkumham sebagai organisasi olahraga. Pemisahan cabang angkat besi, binaraga, dan angkat berat akan diumumkan pada Rakernas KONI Pusat, 25 Agustus mendatang," kata Wakil Ketua Umum PB PABBSI, Joko Pramono saat dihubungi melalui telepon selular, Selasa (21/7/2020).

Menurut Joko Pramono, ketiga organisasi itu tidak lagi menggunakan nama persatuan tetapi perkumpulan. Untuk organisasi cabang angkat besi dengan nama Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI), lalu Perkumpulan Angkat Berat Seluruh Indonesia (Pabersi) dan Perkumpulan Binaraga dan Fitnes Indonesia (PBFI).

"PB PABSI akan tetap dipimpin Rosan P Roeslani sedangkan Pabersi dipimpin Irwan Ali dan PB PBFI diketuai oleh Ana Maria yang merupakan putri pelatih legenda angkat besi, Imoro Rosadi. Khusus angkat besi sudah dibentuk di berbagai daerah," jelasnya.

Secara terpisah, Sekjen KONI Pusat Ade Lukman yang dihubungi membenarkan pemisahan cabang angkat besi, angkat berat, dan binaraga memang akan diumumkan dalam Rakernas KONI Pusat. "Ya, dalam rakernas nanti kita kan mengumumkan PABSI, Panbersi dan PBFI menjadi anggota KONI Pusat," ujarnya.