JAKARTA – Surat kepercayaan (credentials) telah diserahkan Duta Besar RI untuk India serta Bhutan yang berkedudukan di New Delhi, Sidharto Reza Suryodipuro, pada Raja Bhutan, Jigme Khesar Namgyel Wangchuk di Kompleks Kantor Raja serta Pemerintahan Bhutan, di Thimphu pada 15 November 2017.

Dubes Sidharto adalah Duta Besar RI pertama yang menyerahkan surat kepercayaan pada Raja Bhutan mulai sejak hubungan diplomatik kedua negara dibuka pada tahun 2011. Seperti dilansir dari keterangan resmi KBRI New Delhi, Kamis (16/11) waktu setempat.

Penyerahan surat kepercayaan didahului dengan Chhipdrel, sebuah prosesi upacara tradisional penyambutan beberapa delegasi menuju Ceremonial Hall.

Prosesi diakhiri dengan Zhugdrel Phunsum Tshogpa, upacara tradisional pemberian persembahan beberapa jenis minuman tradisional serta nasi kuning oleh para biksu negara kepada hadirin.

Pada kesempatan pembicaraan setelah upacara, Raja Bhutan menyampaikan ucapan selamat atas penugasan Duta Besar LBBP RI yang baru. Raja Bhutan juga berkesempatan berbicara empat mata dengan Duta Besar RI perihal usaha peningkatan hubungan kedua negara.

Duta Besar RI yang mengenakan songket Bali dalam upacara itu didampingi oleh istri, Atase Pertahanan beserta istri, Atase Pendidikan dan Kebudayaan, serta Pelaksana Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI New Delhi. Duta besar negara lain yang ikut menyerahkan surat kepercayaan pada Raja Bhutan adalah Austria serta Maroko.

Surat kepercayaan atau diplomatic letter of credence menandai penugasan diplomatik resmi seorang delegasi negara asing di negara tempatnya berdinas.