JAKARTA - Apa yang paling dinanti para tamu undangan di acara Jokowi Mantu? Selain foto dan bersalaman dengan mempelai Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution, Selasa 8 November 2017, tak lengkap rasanya bila tak membicarakan hidangan yang disajikan.

Berikut beberapa hidangan menarik, yang dipilih keluarga Jokowi. Kenapa menarik? Karena menunya adalah menu favorit keluarga Jokowi dan merakyat membumi.

Sate Kere Gerobak Buatan Yu Ngatmi

Sate Kere yang dinamakan sebagai bentuk perjuangan kaum miskin melawan bangsa feodal, menjadi pilihan Jokowi untuk menjadi hidangan kepada tamu dalam hajatan puterinya ini. Sate Kere buatan Yu Ngatmi menjadi favorit Jokowi sejak tinggal di Solo.

Bercita rasa lezat, dengan daging sapi, jerohan, tempe kedelai, dan tempe gembus, dinikmati dengan bumbu kacang. Sate Kere ini dijual menggunakan gerobak buatan Yu Ngatmi. Diketahui, Jokowi memesan 4000 porsi sate kere lengkap dengan lontong dan bumbu kacangnya.

Sate gembus dan jerohan sapi ini jadi favorit semua kalangan di Solo, Jawa Tengah. Semuanya menyukai kuliner sederhana bercita rasa lezat, pedas, dan rasanya unik khas kuliner Jawa.

Tengkleng Klewer Bu Edi

Kuah gurih berpadu dengan rempah ditambah irisan cabai, dipadukan dengan tengkleng gulai kambing. Beda dari gulai kambing pada umumnya, kuah tengkleng cenderung lebih encer.

Jokowi memesan Tengkleng Bu Edi, yang berlokasi di Pasar Klewer Solo. Sejak menjadi Wali Kota sampai jadi Presiden, beliau sering berlangganan Tengkleng ini sebagai jamuan. Makanan yang menjadi favorit keluarga Jokowi ini sudah berdiri sejak 1971. Awalnya dijual berkeliling, lalu kemudian pada tahun 1980, Bu Edi mendirikan warungnya di Pasar Klewer.

Martabak Markobar

Putra sulung Jokowi Gibran Rakabuming Raka, berjanji kepada adiknya, Kahiyang, akan menghidangkan martabak manis Markobar, dengan 8 varian rasa kepada para tamu resepsi di Graha Sabha Buana.

"Nanti ada Markobar. Martabak manis delapan rasa dan martabak telur," kata Gibran ditemui di M Solo Grand Mall, Kamis, 19 Oktober 2017.

Martabak bakal dihidangkan pada prosesi pernikahan siang dan malam. Sebanyak 300 loyang martabak manis untuk resepsi siang, dan 300 lagi untuk resepsi malam. Sedangkan untuk martabak telur, akan disajikan 250 loyang resepsi siang dan 250 loyang resepsi malam.

Proses pembuatan martabak dilakukan di lokasi acara resepsi pernikahan, agar tamu bisa nikmatin hidangan martabak yang hangat. Selain tiga makanan di atas, para tamu juga bakal disuguhi makanan dari perusahaan keluarga, yakni Chilli Pari Catering, berupa setup makaroni.

Di sebelahnya ada sajian bubur gudeg. Dekorasi tempat suguhan prasmanan ini ditata cantik. Ada lampu menggantung di rangka atap, dengan dedaunan dan bunga yang menjuntai. Ada pula suguhan aneka jus, cabuk rambak, timlo, ledre, kambing guling, es puter, wedang asle, hingga wedang ronde.