BREAKINGNEWS.CO.ID-Baru-baru ini, Lei Jun selaku CEO Xiaomi menegaskan Redmi kini sudah resmi menjadi sub-brand dari Xiaomi. Dengan pemisahan tersebut, tentu saja banyak pihak yang penasaran mengapa Redmi pisah dari Xiaomi.

Dalam postingan di jejaring sosial Weibo, Lei Jun menegaskan jika alasan utama di balik pemisahan merek Mi dan Redmi merupakan fokusnya. Apabila merek Redmi fokus pada smartphone terjangkau dengan spesifikasi hardware menarik, berbeda dengan Mi yang mempunyai fokus untuk smartphone kelas atas.

Selain itu, Redmi juga lebih berfokus pada penjualan online atau platform e-commerce. Sedangkan Mi tidak fokus pada e-commerce alias lebih mengutakan kombinasi penjualan melalui online mapun offline.

Pemisahan Redmi menjadi sub-brand ini akan bermanfaat bagi merek Mi mengingat Xiaomi akan lebih fokus pada smartphone flagship. Semntara perangkat dengan harga terjangkau dan murah akan diserahkan kepada Redmi.

Dengan pemisahan tersebut, Xiaomi memiliki 3 merek smartphone yang masing-masing menyasar segmen tertentu, seperti Mi untuk smartphone premium, Redmi untuk perangkat murah, dan Poco untuk smartphone gaming dengan harga yang terjangkau.

Bisa dibilang strategi yang diadopsi oleh Xiaomi ini mirip dengan apa yang diadopsi oleh Huawei. Pada saat Huawei fokus pada smartphone flagship, sub-brand Honor buahannya lebih fokus pada membuatan smartphone dengan harga terjangkau.

Tak hanya Huawei saja, OPPO pun pernah membuat sub-brand Realme pada tahun lalu, namun akhirnya Realme memisahkan diri dari OPPO beberapa bulan lalu. Meskipun begitu, Realme tetap di bawah naungan BBK Electronics selaku perusahaan induk dari Vivo, OPPO serta OnePlus.

Dan kini, untuk menandai kelahiran Redmi sebagai sub-brand terbaru dari Xiaomi, telah muncul poster peluncuran smartphone Redmi dengan kamera utama yang mempunyai sensor 48 MP.

Meskipun Redmi ini akan menjadi smartphone pertama dari Xiaomi yang menggunakan kamera utama 48 MP, namun sebagian orang masih meragukan hasil fotonya karena kita ketahui bersama jika hasil foto Redmi masih di bawah keluarga Mi.