MADRID-Kabar duka untuk pendukung fanatik Real Madrid. Los Blancos tersingkir dari perebutan gelar Piala Spanyol atau Copa del Rey setelah dikalahkan Leganes 1-2 di laga semifinal kedua, Kamis (25/1/2018) dini hari WIB di Santiago Bernabeu, Madrid.

Kekalahan 1-2 itu membuat hasil dari dua laga semifinal menjadi imbang 2-2, setelah Real Madrid unggul 1-0 melalui gol Marco Asensio pada perempat-final pertama, 19 Januari lalu di kandang Leganes. Namun, karena Leganes lebih banyak mencetak gol di perempat-final kedua dini hari tadi, maka Leganes yang berhak ke semifinal. 

Javier Eraso setelah mencetak gol pertama Leganes.

Kegagalan Real Madrid lolos ke babak semifinal Copa del Rey karena kalah gol tandang dari Leganes pastinya mengecewakan para pendukung Los Blancos. Zinedine Zidane, manajer Real Madrid, kembali menjadi sasaran tembak Madrinista. Zidane dikritisi karena tidak memainkan Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale, bahkan nama keduanya pun tak didafarkan. Padahal Ronaldo dan Bale sama-sama tampil baik saat mereka melibas Deportivo La Coruna 7-1 di La Liga, akhir pekan lalu, dengan masing-masing mencetak dua gol.

Setelah mencatat kemenangan 1-0 di perempat-final pertama Zidane dianggap terlalu percaya diri jika para pemainnya bisa mencetak lebih banyak gol saat menjamu Leganes di perempat-final kedua dini hari tadi. Apalagi, dalam sejarahnya, Real Madrid memang lebih sering membukukan kemenangan besar atas Leganes di kompetisi La Liga. Tak dinyana jika penampilan Leganes dini hari tadi amat mengejutkan, tak seperti tim yang berada di posisi 13 dalam klasemen sementara La Liga.

Gol Karem Benzema.

Dalam pertandingan yang dipimpin wasit Jesus Gil Manzano ini, Leganes sudah mengejutkan Real Madrid setelah mereka mencetak gol di menit ke-31 melalui Javier Eraso. Keunggulan 1-0 itu dipertahankan tim asuhan Asier Garitano hingga akhir babak pertama. Di babak kedua, Real Madrid berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dari gol Karim Benzema atas umpan Lucas Vazquez. Namun, Leganes kembali memimpin 2-1 melalui gol Gabriel Pires dari assist Javier Eraso.

Rayakan gol Gabriel Pires, Leganes unggul 2-1.

Bagi Real Madrid, ini pertama kalinya gagal di babak perempat-final Copa del Rey. Kegagalan ini jelas menambah bebas Los Blancos menjelang pertempuran besar mereka dengan Paris Saint Germain (PSG) di fase gugur Liga Champions, dua pekan mendatang. Meski bermain di kandang, permainan para bintang Los Blancos menunjukkan grafik menurun. 

Real Madrid disisihkan klub berbiaya rendah di La Liga.

Susunan Pemain:

Real Madrid (4-3-3): Casilla, Hakmi (Carvajal 68), Fernandez, Ramos, Hernandez, Kovacic, Llorente (Modric 68), Isco (Mayoral 77), Vazquez, Asensio, Benzema;

Leganes (4-2-3-1): Champagne, Tito, Bustinza, Siovas (Mantovani 58), Rico, Brasanac, Gabriel, El Zhar (Naranjo 81), Eraso, Amrabat (Garcia 70), Beauvue;