MADRID-16 pertandingan dari dua putaran fase knock-out Liga Champions yang melibatkan 16 tim sudah terpampang dihadapan kita. Dua pertandingan di antaranya tersaji dini hari ini, yakni antara Juventus vs Tottenham Hotspur dan FC Basel vs Manchester City, yang leg pertamanya sama-sama dilangsungkan mulai pukul 02.45 WIB Rabu (14/2/2018) dini hari ini.

Menuju tuntasnya rangkaian persaingan babak 16 besar Liga Champions 2017/2018 ini, ada beberapa pertanyaan besar, misalnya akankah Real Madrid mampu membuat hat-trick? Bisakah Paris Saint Germain (PSG) atau Manchester City merebut gelar juara kompetisi bergegsi itu di musim ini? Apakah akan menjadi treble bagi Barcelona?

Real Madrid juara Liga Champions 2016/2017 dengan mengalahkan Juventus di final.

Juara bertahan Real Madrid akan menghadapi PSG dalam dua sisi yang berbeda. Real Madrid tengah mengalami bencana di kompetisi lokal, sementara PSG melanjutkan dominasinya di kompetisi Prancis.

Empat dari laga leg-1 babak 16 besar digelar Selasa dan Rabu ini, sedangkan empat duel lainnya dilangsunghkan pekan depan. Untuk kesekian kalinya dalam sejarah Liga Champions klub-klub asal Inggris mendominasi. Ada lima klub dari Premier League yang bertahan di babak 16 besar: Manchester City, Manchester United, Liverpool, Tottenham Hotspur dan Chelsea.

Real Madrid saat mengoleksi gelar juara Liga Champions ke-12, tahun silam.

Kembali pada pertanyaan di atas, mungkinkah Real Madrid mampu mempertahankan kembali keperkasaannya di Liga Champions, memenanginya untuk ketiga kali secara berturut-turut? Memenangi kompetiisi Liga Champions secara berturut-turut di era modern baru dilakukan oleh Real Madrid ini.

Pertemuan Real Madrid dengan PSG memang harus disayangkan sudah terjadi fase 16 besar. Mimpi buruk yang harus dialami Real Madrid setelah mereka hana menjadi runner-up di penyisihan grupnya, di bawah Tottenham Hotspur, yang membuatnya harus bertemu dengan PSG di babak 16 besar.

Cristiano Ronaldo tetap jadi andalan Real Madrid.

Bagaimanapun, ini adalah pertemuan antara dua tim dari level bengsawan Eropa, yang sama-sama bertabur bintang dan rekor pemain termahal. Seperti biasa, Real pastinya akan mengandalkan Cristiano Ronaldo, pencetak gol terbanyak sepanjang masa di kompetisi ini, yang menambah keunggulan baru dengan sembilan gol dalam enam pertandingan grup.

Real juga mendapat kenyamanan bertanding di stadion kebanggaannya di leg-1 ini. Apalagi, mereka tidak terkalahkan dalam 17 pertandingan Liga Champions di Bernabeu.

Di sisi lain, bisakah PSG mencatatkan prestasi terbaiknya di kompetisi Eropa? Paris Saint-Germain memang mendominasi liga Prancis, namun mereka belum bisa melakukan terobosan di Liga Champions. Tengok saja. Mereka hanya mampu menjejak di babak perempat-final pada empat kompetisi terakhir, yakni kurun waktu 2012-13 dan 2015-16. Pada musim lalu mereka bahkan sudah tersingkir di babak 16 Barcelona. 

Neymar dkk dari Paris Saint Germain.

Namun, dengan kekayaan mereka yang tampaknya tak terbatas, tim kebanggaan kota Paris terlihat jauh lebih kuat kali ini. Neymar, yang masuk dengan rekor pembelian £ 198m dari Barcelona, ​​telah membuat 28 gol dan 16 assist musim ini - termasuk enam gol di babak penyisihan grup. Kylian Mbappe, yang juga baru bergabung di musim panas lalu, sudah mencetak 15 gol dan 14 assist.

PSG mengamuk di penyisihan grupnya, mencatatkan total 25 gol, dan itu pastilah bisa sangat mengkhawatirkan siapa pun yang menjadi lawannya kemudian, tak terkecuali Real Madrid di fase 16 besar ini.