JAKARTA-Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak melarang warga Jakarta untuk merayakan hari Valentine atau hari kasih sayang pada Rabu, 14 Februari 2018. Bahkan Pemprov DKI meminta warga Jakarta untuk saling menciptakan rasa kasih sayang dan berharap bunga mawar yang jadi simbol banyak diminati.

"Hari cinta, kita harus menebar cinta supaya yang jual bunga mawar juga bisa laku," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Ia menuturkan, hari kasih sayang yang jatuh hari ini bisa diberikan juga pada Allah SWT sebagai pencipta dan pemberian nikmatnya hingga hari ini. Ia menganggap hari valentine atau hari kasih sayang tidak perlu dilarang selama menebar cinta kasih.
"Tapi tentunya ini cinta kepada Allah yang paling penting. Perayaan cinta kepada pencipta, juga sesama manusia," tutur Sandi.

Sandi mengakui, hari kasih sayang sudah dimanfaatkan dirinya yang dengan memberikan bunga mawar pada istrinya yakni Nur Aisiyah. "Sudah tadi pagi (kasih bunga), nanti saya upload (Instagram)," ungkapnya.

Perayaan valentine atau hari kasih sayang berbagai macam disikapi berbeda oleh tiap pemerintah kota, seperti di Pemkot Depok para pelajar dilarang merayakan karena mencegah perilaku yang menyimpang dari norma agama dan budaya. Bukan hanya di Depok, Pemkot Bogor juga melarang pelajarnya dalam rayakan valentine untuk menghindari penyimpangan makna kasih sayang.