JAKARTA - Peringatan Hari Pahlawan Nasional, yang diperingati setiap 10 November setiap tahunnya oleh masyarakat Indonesia, juga disambut antusias oleh artis Tina Toon. Mantan penyanyi cilik yang ngetop lewat lagunya ‘Bolo-Bolo’ ini juga mengatakan selalu memperingati hari bersejarah ini dengan caranya sendiri.

“Hampir setiap tahunnya aku memperingati dengan berbagai cara mulai dengan berkumpul bareng teman di dunia entertainment dengan cara berdoa bersama buat para pahlawan yang telah gugur dan mengundang anggota veteran untuk memberikan apresiasi dan menghibur mereka,” tutur Tina Toon, kemarin.

Bintang film ‘Cinta Dalam Kardus’ ini mengatakan baginya pahlawan itu tidak hanya ditujukan kepada pejuang kemerdekaan, tetapi juga bisa ditujukan kepada pejuang kaum perempuan, pahlawan devisa seperti Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan Tenaga Kerja Wanita (TKW) atau pun yang ahli di bidang lainnya juga bisa dikatakan pahlawan.

“Bagi aku pahlawan banyak sekali, Mamaku juga termasuk pahlawan ya, karena beliau sudah mengorbankan jiwa dan raganya untuk melahirkan aku, beliau merawat dan memberikan pendidikan yang baik buat aku,” ungkapnya.

Artis kelahiran di Jakarta, 20 Agustus 1993 ini mengatakan dirinya sangat mengapresiasi pahlawan di bidang perempuan seperti RA Kartini, Cut Nyakdien dan Megawati Soekarno Putri.

“RA Kartini tokoh emansipasi wanita dan Cut Nyak Dien itu jasanya luar biasa bagi kaum perempuan di Indonesia. Untuk yang masih hidup ibu Megawati juga merupakan pahlawan di bidang perempuan karena beliau merupakan Presiden Pertama wanita di Indonesaia, terlebih pemikirannya tentang dempokrasi dan pluralism di Indonesia itu bagus banget,”ungkap pelantun ‘Ku Wanita’ ini.

Artis berpembawaan ceria ini mengatakan saat ini hampir semua orang berkesempatan untuk menjadi pahlawan bagi keluarga dan bangsanya.

“Dengan akal pikiran, keahlian dan ideologi kita bisa membangun bangsa ini dengan berbagai hal;, bukan hanya pembangunan fisik, pembangunan mental juga sangat diperlukan bagi masyarakat Indonesia. Selamat Hari Pahlawan Nasional, untuk para pahlawan dan negeri kita makin maju dengan banyaknya para pahlawan yang menyumbangkan segenap jiwa raganya untuk bangsa ini,” tandas Tina Toon.