SURABAYA - Ratusan botol minuman keras (miras) tanpa pita cukai gagal masuk ke Surabaya. Miras berbagai merk itu diduga diselundupkan dari luar negeri melalui kapal penumpang KM Dorolonda milik PT Pelni.

Sebanyak 467 botol miras yang dikemas dalam sejumlah kardus itu kini diamankan di markas Direktorat Polair Polda Jatim, di antaranya bermerek Chivas Regal, Black Label, Jose Cuervo, Jack Daniels, Gordons Special, sampai Midori, serta Bacardi.

"Kita telah amankan dua kurir pengirim miras itu, berinisial ARG (47) serta PS (36)," tutur Kabid Humas Polda Jawa Timur Frans Barung Mangera, Selasa (8/8/2017).

Polisi hingga saat ini terus melakukan penyelidikan siapa pengirim serta penerima barang tanpa cukai itu. "Kurir hanya diberi tahu jika sampai di Surabaya akan ada yang menjemput," tuturnya.

KM Dorolonda sandar di Pelabuhan Tanjung Peram pada Minggu (6/8/2017) malam. Dalam jadwal resminya, KM Dorolonda pergi dari Pelabuhan Bitung, lalu singgah ke Jakarta serta kemudian berlabuh di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Selanjutnya, KM Dorolonda masih akan berlayar ke arah Makassar dan seterusnya ke wilayah Indonesia Timur. Atas aksi itu, sambung Barung, negara mengalami kerugian dari Rp 500 juta hingga Rp 1 miliar.