BREAKINGNEWS.CO.ID - Manajer Madura United, Haruna Soemitro, mengkonfirmasi bahwa laga kontra PSIS Semarang (12/7/2018) menjadi kali terakhir Raphael Maitimo berseragam Madura United. Sebab, pemain naturalisasi itu dipinjamkan ke Persebaya Surabaya. Sebelumnya, kabar kepindahan Maitimo santer diberitakan seusai pelatih Bajul Ijo Alfredo Vera tak menampik kalau pihaknya tertarik untuk mendatangkan pesepakbola berusia 34 tahun ini.

"Kami sudah sampaikan ke seluruh pemain bahwa laga melawan PSIS adalah terakhir Maitimo berseragam Madura United. Dia resmi berkostum persebaya dengan status pinjaman," kata Haruna.

Haruna menambahkan, kuputusan Madura United untuk meminjamkan Maitimo tak lepas dari banyaknya stok gelandang di skuat Laskar Sappeh Kerrab. "Bukan kami tidak membutuhkan Maitimo, tapi ada klub yang lebih membutuhkan. Apalagi stok lini tengah juga menumpuk. Kami mewakili tim mengucapkan terima kasih atas kerja keras Maitimo selama ini," imbuh Haruna.

Klub Kedelapan

Rapheael Maitimo merupakan tipe pemain yang suka berganti-ganti klub. Bagaimana tidak, Persebaya adalah klub kedelapannya di Indonesia. Maitimo pertama kali memulai karirnya di Indonesia pada 2010. Jebolan klub Liga Belanda, Feyenoord ini memperkuat Bali Devata selama dua tahun. Setelah itu, Maitimo kembali ke Belanda untuk merumput di klub amatir Belanda Cepalle. Pada 2013, Maitimo kembali ke Tanah Air dan memperkuat Mitra Kukar selama satu tahun dan mencatatkan 35 pertandingan dengan sumbangan dua gol.

Maitimo lalu berpindah ke Sriwijaya FC selama semusim. Dia menorehkan 18 kali pertandingan, namun hanya menyumbang satu gol. Dari SFC, Maitimo digaet oleh Persija Jakarta pada 2015-2016. Setahun di Ibu Kota, Maitimo kembali pindah. Klub selanjutnya yang menjadi pelabuhannya adalah Arema FC. Pemain kelahiran 17 Maret 1984 itu 30 kali bermain untuk Singo Edan dan mencetak dua gol.

Tak sampai di sana, Maitimo membuat kabar yang mengejutkan dengan pindah ke Persib pada 2017. Padahal, ia sempat menjadi pujaan The Jakmania (suporter Persija) ketika berseragam oranye. Hal ini terkait rivalitas antara Persib dan Persija yang acap memanas. Setelah satu musim di Persib, pemain berdarah Minang-Belanda ini dikenalkan sebagai pemain Madura United pada 10 Januari 2018, tepat pada hari ulang tahun klub tersebut.