BREAKINGNEWS.CO.ID - Minimnya film anak di era milenial membuat Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Badan Perfilman Indonesia (BPI) bekerja sama dengan platform penyedia layanan video on demand Iflix untuk memproduksi film anak dan keluarga. Hal tersebut ditandai dengan nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani di Empirica, kawasan SCBD, Jakarta, pada Rabu, (25/7/2018).

Untuk kerja sama awal, Iflix bersama Bekraf dan BPI akan membuat proyek lima film yang akan dikembangkan dan diproduksi bersama. Proyek pertama yang akan segera dimulai, adalah film keluarga berdasarkan lagu pemenang “This Is My Holiday” ciptaan Stephen Irianto Wally.

Karya ini terpilih dari lebih 1.800 kiriman individu dari seniman muda dalam kompetisi tingkat nasional Lomba Cipta Lagu Anak 2018 yang disponsori oleh Presiden Joko Widodo. Film ini ditargetkan untuk memasuki produksi pada akhir tahun.  Adapun empat proyek lainnya, juga dipilih dari kompetisi Lomba Cipta Lagu Anak 2018.

Empat proyek tersebut adalah “Menjelajahi Dunia” ciptaan dari Era Pratigo, “Teman” ciptaan Ghalifa Al Baladi, “Jika Hatimu Gundah Gulana” ciptaan Ikbar Haskara Damarjati, dan “Senyum untuk Dunia” karya Fickar iskandar. Nantinya, Bekraf secara terbuka akan memberi kesempatan bagi para sineas muda di seluruh Indonesia yang berminat untuk membuat film berdasar lagu-lagu tersebut.

Inisiatif ini bagian dari komitmen Iflix terhadap ekonomi kreatif Indonesia, dimana Iflix sebagai sponsor utama akan menginvestasikan US$40-50 juta pada konten lokal, terutama produk-produk original.

“iflix sangat bersemangat dalam mendukung industri perfilman Indonesia yang sedang berkembang, kami juga senang bisat berkolaborasi dengan Bekraf dan BPI dalam upaya untuk mendukung komunitas kreatif Indonesia. Kami sangat antusias dapat mendukung dan bekerja sama dengan para pelaku kreatif muda berbakat di Indonesia dengan ide-ide segar untuk memberikan hiburan terbaik kepada para pengguna iflix,” terang Co-Founder dan Group CEO Iflix Mark Britt.

Sementara Kepala Bekraf Triawan Munaf menambahkan, kolaborasi ini sangat bersinergi dengan visi Presiden Jokowi dan Bekraf dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia.

"Saya sangat senang iflix dapat bergabung untuk mengembangkan talenta lokal, memberikan kesempatan besar kepada anak muda kreatif Indonesia untuk bekerja bersama. Saya mendukung penuh komitmen Iflix terhadap industri kreatif di Indonesia serta investasi pada konten dan pengembangan konten lokal," kata Triawan Munaf.