JAKARTA - Pebalap Ferrari Kimi Raikkonen mengaku kalau dia puas dengan performa serta kecepatan yang ditunjukannya di ajang Formula One musim 2017 ini. Namun tidak dengan hasil yang diraihnya pada musim ini.

Hal tersebut berkaca dari hasil yang telah diraihnya bersama Ferrari pada musim ini, pencapaian terbaiknya hanya mampu meraih podium kedua dan belum pernah mengklaim satu kemenangan pun dalam tahun 2017 ini. Raikkonen kini berada di posisi kelima klasemen pembalap sementara. Dia tertinggal cukup jauh dari rekan setim Sebastian Vettel yang memimpin klasemen.

"Saya ingin memenangkan perlombaan, saya ingin berada di atas sana sepanjang waktu dan itu belum terjadi tahun ini terlalu sering. Secara pribadi, saya tidak senang dengan hasilnya," kata Raikkonen saat ditanya oleh Motorsport.com tentang penilaiannya atas pengemudinya sejauh musim ini, Selasa (08/8/2017).

"Saya tahu kapan semuanya benar dan ada beberapa hal yang terjadi dan Anda membayar harganya untuk itu. Mengemudi dengan bijak, saya punya kecepatan, jadi saya tidak khawatir dengan itu. Ini tentang meletakkan barang di tempat yang benar," tambahnya.

Walau demikian, Ferrari telah mengamankan posisi Raikonen untuk mengisi line up pembalap untuk musim 2018, dengan memperpanjang kontrak untuk pebalap asal Firlandia tersebut dan kembali ditandemkan bersama Sebastian Vettel.

Sementara Raikkonen mengaku sangat malu dengan masa depannya bersama tim. Akan tetapi ia pun mengatakan telah bicara mengenai apa yang akan dilakukannya untuk tim dimusim depan. "Saya tidak begitu senang di mana kami telah selesai, mengingat semua balapan sejauh ini, tapi inilah yang telah kami lakukan sejauh ini - kami tidak dapat mengubahnya," katanya.

"Apakah itu cukup di masa depan? Saya tidak tahu kita akan lihat di beberapa titik. Tim tahu apa yang saya inginkan. Pada akhirnya, terserah mereka untuk memilih yang terbaik untuk mereka." Ungkapnya.

Raikkonen, yang kemenangan terakhirnya datang di Grand Prix Australia musim 2013, mengatakan bahwa dia hanya tertarik untuk bertahan di F1 jika dia bisa bersaing di puncak.

"Satu-satunya tujuan saya adalah melakukannya dengan baik, itulah satu-satunya alasan saya berada di sini, bukan hal lain. Bukan karena saya ingin menjadi bagian dari itu, itu adalah akhir cerita yang lain.” Terangnya.

"Ini tidak selalu menyenangkan saat tidak berjalan dengan baik, tapi memang begitulah adanya. Tergantung banyak hal. Dengan kecepatan tinggi, kita memilikinya, tapi itu tidak cukup jika Anda memiliki kecepatan jika yang lain tidak berjalan seperti yang Anda harapkan,” pungkas mantan pebalap Mc Laren Merces tersebut.