BREAKINGNEWS.CO.ID - Bursa calon Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) kian memanas. Rahim Soekasah yang pernah lama berstatus sebagai Manajer Pelita Jaya, bersama Ir Doli Sinomba Siregar menggelar deklarasi sebagai calon Ketua Umum dan Wakil Ketua umum PSSI periode 2019-2024.

Rahim yang juga sempat menduduki jabatan strategis sebagai Manajer Timnas Indonesia U-23 pada 2006 dan Ketua Badan Tim Nasional (BTN) tahun 2009 lalu itu merasa prihatin terhadap prestasi Timnas Indonesia yang minim. Hal tersebutlah yang membuat Rahim percaya diri maju sebagai bakal calon Ketum PSSI dengan misi membawa harum nama sepak bola Indonesia di kancah Internasional.

"Saya sedih melihat tim nasional kita tidak ada di level Asia. Berarti ada kesalahan. Jadi saya ingin memperbaiki itu semua agar ke depannya Indonesia bisa lebih baik," ujar Rahim di Jakarta, Senin (23/9/2019).

Dia menambahkan, saat ini yang menjadi pertanyaan besar di masyarakat Indonesia adalah mengapa prestasi sepakbola di Indonesia usia dini hingga U-19 selalu meningkat, sedangkan memasuki timnas senior justru Nol prestasi. Rahim mengatakan kalau dirinya tahu betul apa yang menjadi penyebabnya dan dirinya berjanji akan membereskan itu semua.

Rahim berjanji bakal merevolusi PSSI apabila terpilih menjadi ketum. Sebagai sosok yang pernah berkecimpung di sepak bola nasional, mantan Wakil Ketua Umum Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia (KPSI) ini mengaku tahu cara untuk memperbaiki citra PSSI.

"Kita harus memperbaiki keadaan, tidak boleh diam, kita harus berjuang. Itu motivasi saya. Saya sebagai orang sepak bola, saya tidak mau sepak bola dihancurkan begitu oleh orang-orang di tubuh PSSI yang tidak mengerti sepak bola. Kita perbaiki sepak bola kita. Saya tidak mau sepak bola ini hancur, saya mau sepakbola ini bangkit lagi dan akan merevolusi total di dalam tubuh PSSI, " tutur Rahim.

Di sisi lain, Doli Siregar mengatakan "Saya sebagai insan sepak bola yang sudah lama berkecimpung tentu menginginkan sepak bola Indonesia maju dan lebih bagus dari waktu yang lalu," kata Doli yang merupakan keluarga dari besan Presiden Joko Widodo.

"Saya terpanggil untuk mengabdi di sepak bola Indonesia, karena Pak Rahim Soekasah. Saya melihat dia figur yang tepat bisa membawa sepak bola Indonesia lebih maju. Dia begitu profesional dan sudah mengerti seluk beluk yang ada karena ikut berkecimpung dan mengikuti perkembangan sepak bola Indonesia," katanya.

Menurut Doli, sosok Rahim Soekasah merupakan orang jujur dan bersih. "Dia layak untuk kita usung. Dia punya visi dan misi agar sepak bola Indonesia itu bersih, makanya saya terpanggil. Ini demi cita-cita kita bersama. Saya ingin membantu hilangkan hal negatif yang selama ini terjadi di sepak bola Indonesia, saya juga akan mengkampanyekan hal-hal yang bisa saya kerjakan di PSSI nantinya," tutur Doli.

"Pastinya visi dan misi jika terpilih untuk menghilangkan hal negatif di sepak bola yang selama ini terjadi. Saya bukan ambisi untuk maju, tapi saya merasa ikut prihatin dengan sepak bola saat ini. Jadi saya lihat Rahim bisa membenahi di PSSI," bebernya.