JAKARTA - Perusahaan Qualcomm akan meluncurkan ponsel dengan dukungan kecepatan jaringan 5G tahun depan. Untuk itu, perusahaan ini melakukan perjanjian dengan lima produsen ponsel Cina, Xiaomi, Oppo, Vivo, ZTE dan Lenovo.

Qualcomm baru saja mengadakan pertemuan dengan lima vendor smartphone Cina, Xiaomi, Oppo, Vivo, ZTE dan Lenovo di Beijing, Kamis (25/01/2018) lalu. Oppo sebagai salah satu vendor yang hadir mengaku sedang menggarap smartphone dengan kecepatan jaringan 5G.

Perjanjian ini akan mengamankan lima produsen tersebut untuk menggunakan teknologi 5G Qualcomm dalam tiga tahun ke depan. Perjanjian ini bernilai total US$2 miliar (sekitar Rp 26,5 triliun). Oktober 2017 lalu, Qualcomm berhasil menguji Snapdragon X50 yang menjadi smartphone berkekuatan 5G pertama milik mereka. Terkait teknologi 5G ini sendiri pertama kali dikenalkan ke publik pada 2016 lalu.

Qualcomm juga membentuk konsorsium dengan kelima produsen smartphone ini. Konsorsium yang dinamakan 'Perintis 5G'. ini dijadwalkan meluncurkan perangkat 5G itu di Q1 2019. 'Ekspansi' ke wilayah Asia ini terkesan menjadi obat pelipur lara bagi Qualcomm yang sedang bersitegang lewat jalur hukum dengan Apple. Padahal Qualcomm sebelumnya adalah mitra utama untuk teknologi modem Apple. Masalah keduanya membuat Apple dikabarkan mencari alternatif produsen chipset lain seperti Intel dan Mediatek.