BREAKINGNEWS.CO.ID – Di tahun 2019 ini, implementasi teknologi 5G nampaknya sudah mulai dijalankan secara global. Dan kini sejumlah produsen smartphone, produsen chipset, penyedia network, provider serta pemerintah di sejumlah Negara sudah menyiapkan menuju era 5G ini. Dan salah satu produsen ternama yakni Qualcomm pun telah menyiapkan teknologi ini.

Qualcomm sendiri telah menyatakan kesiapan mereka perihal teknologi 5G. Seperti dilansir dari GSMArena, Qualcomm menyatakan jika lebih dari 30 perangkat akan datang dengan dukungan jaringan 5G di tahun ini. Dari 30 perangkat tersebut, smartphone menjadi sebagian besar yang mendominasi perangkat itu.

Disamping itu, juru bicara Qualcomm telah mengatakan jika perusahaannya telah memenangkan sebagian besar kontrak dengan OEM (Original Equipment Manufacturer) untuk mengimplementasi jaringan 5G pada tahun 2019.

Dan nampaknya produsen pertama yakni Samsung akan menggunakan modem Qualcomm Snapdragon X50 untuk mengimpelemntasi 5G di Amerika Serikat. Dinilai Samsung, Snapdragon X50 lebih cocok untuk menggunakan spektrum 2.5GHz.

Sejauh ini baru Amerika Serikat dan beberapa Negara lain yang akan memulai mengimplementasi jaringan 5G untuk smartphone di tahun 2019 ini. Sementara Negara lainnya masih belum mengadopsi teknologi 5G untuk smartphone di tahun ini.

Sementara itu, di Indonesia sendiri implementasi 5G baru akan dilakukan pada tahun 2020 mendatang. Hal tersebut sudah dikonfirmasi langsung oleh Senior Managing Marketing Qualcomm Indonesia, Dominikus Susanto.

Trend Jaringan 5G di Tahun 2019

Saat ini beberapa produsen ternama seperti Samsung, Huawei, Xiaomi dan Oppo menjadi salah satu produsen yang sangat serius mengembangkan teknologi ini di beberapa perangkat terbarunya.

Para produsen smartphone ternama ini menilai jika jaringan 5G merupakan terobosan baru yang harus segera dihadirkan pada tahun 2019. Jadi kita tinggal tunggu saja, siapa yang terlebih dulu menghadirkan smartphone dengan jaringan 5G-nya.