BREAKINGNEWS.CO.ID - Timnas Qatar menjadi raja Asia 2019. Hasil itu didapat setelah mengalahkan Jepang pada partai final Piala Asia 2019. Berlaga di Zayed Sports City Stadium, Jumat (1/2/2019) malam WIB, Qatar menang dengan skor 3-1. Gol kemenangan Qatar dicetak oleh Almoez Ali pada menit ke-12, Abdulaziz Hatem (27'), dan A Afif melalui titik penalti pada menit ke-83 .

Adapun sebiji gol balasan Jepang dicetak oleh Takumi Minamino pada menit ke-62. Hasil ini membuat sejarah tersendiri bagi kedua tim. Qatar patut berbangga karena ini adalah gelar juara pertamanya sejak Piala Asia dilombakan pada 1956 lalu.

Perjalanan Qatar menuju kejayaan pada tahun 2019 berliku dan terjal. Dalam sembilan kali kesempatan sebelumnya, prestasi terbaik Qatar adalah hanya babak delapan besar.

Menariknya, pada Piala Asia 2004 yang digelar di China, Qatar sempat berada satu grup dengan timnas Indonesia di grup A. Dua penghuni lain grup ini adalah tuan rumah China dan Bahrain. Qatar bertemu Indonesia pada laga perdana grup, 18 Juli 2004, di Workers Stadium, Beijing, China.

Kala itu, Timnas Indonesia menang dengan skor 2-1. Gol tim Garuda dicetak oleh Budi Sudarsono dan Ponaryo Astaman. Qatar kemudian mengakhiri turnamen sebagai juru kunci Grup A di bawah Indonesia. Sementara itu, Qatar membalas dengan gol telat Megid Mohamed.

Kemenangan itu menjadi kemenangan histrois, karena itu adalah tiga poin perdana tim nasional Indonesia di pertandingan putaran final Piala Asia, dan gara-gara kemenangan itu pula, pelatih Qatar, Troussier, harus rela didepak dari kursinya dan Saeed Al-Mesned diberi tanggung jawab untuk menangani tim di pertandingan berikutnya.

Namun, sayang, dongeng tersebut tidak berakhir dengan manis. Di pertandingan berikutnya, Indonesia dipaksa menelan kekalahan telak dengan skor 5-0 dari tuan rumah Cina, dan di pertandingan terakhir Indonesia juga dipecundangi Bahrain dengan skor 3-1. Hasil itu membuat Indonesia bertengger di posisi ketiga Grup A, unggul atas Qatar di posisi buncit, sementara Cina dan Bahrain yang menduduki posisi satu dan dua, berhak lolos ke perempat-final.

Berikut ini adalah susunan pemain timnas Indonesia Saat mengalahkan Qatar

Indonesia (3-5-2): 1-Hendro Kartiko; 6-Warsidi Ardi, 17-Hary Syaputra, 18-Firmansyah Agus; 8-Elie Aiboy, 2-Agung Setiabudi, 11-Ponaryo Astaman, 14-Syamsul Chaeruddin, 3-Alex Pulalo; 13-Budi Sudarsono, 20-Bambang Pamungkas

Pelatih: Ivan Kolev