BREAKINGNEWS.CO.ID- - Wabah virus Corona atau COVID-19 yang sudah menjadi pandemi dunia, membuat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DKI Jakarta, tak mau berpangku tangan. Lewat program PWI jAYA Peduli, wadah wartawan anggota PWI di Jakarta itu, turut berpartisipasi dalam upaya penanggulangan COVID-19. Sejumlah paket bantuan berupa sembako dan penunjang kesehatan, Senin (30/03/2019) diberikan  kepada warga terdampak COVID-19 di RT 04/RW 08 Petojo Binatu, Kelurahan Petojo Utara, Jakarta Pusat.

Sudah terdapat lebih dari 30 paket bantuan yang diperoleh PWI Jaya Peduli dari hasil donasi itu diserahkan secara simbolis kepada perwakilan RT setempat. Begitu pula untuk sejumlah wartawan anggota PWI dan petugas keamanan yang selama ini turut mengantisipasi penyebaran virus itu secara langsung di Jakarta.

Dalam menyalurkan bantuan kali ini, PWI Jaya Peduli sebisa mungkin menghindari kontak fisik dan kerumunan, sehingga hanya beberapa perwakilan saja yang diundang. Mereka menerima bantuan secara simbolis mewakili masyarakat lainnya.  

Ketua PWI Jaya Peduli, Nonnie Rering mengatakan, aksi ini bagian dari upaya membantu pemerintah dalam meringankan beban warga tak mampu di masa tanggap bencana nasional penanggulangan virus corona (COVID-19). Dalam beberapa pekan terakhir, warga masyarakat di sekitar Petojo mulai terdampak secara tidak langsung. Wabah tersebut membuat sebagian masyarakat mengalami penurunan penghasilan secara drastis.

"Bukan semata sense of crisis masyarakat yang dibutuhkan, tapi juga pentingnya kepedulian bersama agar kita semua bisa melewati pandemi corona ini. Mohon diterima bantuan tak bernilai ini, semoga bermanfaat," kata Nonnie saat serah terima bantuan kepada Putri dan Ihsan mewakili pengurus RT 04/RW 08 Petojo Binatu.

Nonnie pun menyampaikan terima kasih kepada para donatur yang berpartisipasi dalam aksi galang dana PWI Jaya Peduli memerangi wabah virus corona yang telah dimulai sejak pertengahan Maret ini. Masing-masing paket bantuan berisi beras 5 kg, hand sanitizer, masker, biskuit, minyak goreng, dan mie instan. "Terima kasih atas bantuan dari PWI Jaya Peduli," ucap Putri. Dalam kesempatan itu juga hadir sejumlah wartawan untuk menerima bantuan PWI Jaya Peduli. 

Adapun para donatur baik perorangan maupun instansi/perorangan yaitu Joko Umboro, Agus Salim (Oval Advertising), Dharmawan Gunawan, Cak Herry (Laras Post), Nonnie Rering (Elatravel), H. Heru Pujihartono (Nendia Primarasa), Amy Atmanto, William Tjugiarto, Wahyu Surya Danil-Medan, Indra Surya Nasution - Medan, Benny Susatyo (Uzone.id), Naek Pangaribuan, Umi Sjarifah (Majalah Sudut Pandang). Donatur lainnya juga datang dari Sumber.com, Koin24.id, Cornelius Naibaho (Pempred FaktaPers), Jakartanews, IKWI Jaya, Royal Media Indonesia Harian Indonesia, Danone, dan Let's Go Chicken.

Sebelumnya, Wakil Ketua Bidang Kesejahteraan PWI Jaya, Tubagus Adhi mengapresiasi apa yang dilakukan Nonnie dan kawan-kawan PWI Jaya Peduli. "PWI Jaya Peduli juga harus concern terhadap apa yang terjadi di masyarakat. Apalagi kasus COVID-19 ini sudah menjadi permasalahan nasional, bencana yang tidak terduga," ungkap Tb. Adhi yang juga pembina PWI Jaya Peduli.

TB. Adhi yakin masih banyak warga masyarakat yang peduli atas apa yang terjadi saat ini. "Untuk itulah PWI Jaya Peduli perlu hadir. Kita bisa menjadi jembatan untuk memenuhi apa yang diinginkan masyarakat," jelasnya.

Senada disampaikan Ketua PWI Jaya, Sayid Iskandarsyah. Menurut Sayid, masyarakat sekarang sudah banyak menyadari pentingnya mencegah penularan virus corona. Salah satunya dengan mengikuti imbauan pemerintah agar membatasi aktivitas di luar rumah selama 14 hari ke depan dan menjaga jarak fisik dalam interaksi sosial (social distancing).

Nonnie menambahkan, aksi galang dana dan sumbangan sembako atau alat penunjang kesehatan ini masih terus berlanjut. Bantuan donasi bisa disalurkan melalui rekening PWI Jaya, Bank BNI Cabang Harmoni Nomor 0018283591. Untuk sumbangan sembako atau alat penunjang kesehatan silakan diserahkan langsung ke markas PWI Jaya.