BREAKINGNEWS.CO.ID - Pertandingan hari kelima LIMA Basketball: Kaskus Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference Season 7 pada Jumat (12/7/2019) diawali dengan kemenangan putri Universitas Negeri Semarang (Unnes) atas Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPN Veteran) Yogyakarta. Dalam laga di Sport Hall Universitas Katolik Soegijapranata ini, sang center Unnes mencetak skor terbanyak.

Unnes menundukkan UPN Veteran dengan keunggulan telak di laga terakhir mereka. Dominasi sudah terlihat di awal pertandingan. Saat Unnes mencetak angka 18 di kuarter pertama, kampus Yogyakarta belum mampu menjebol ring lawan. Di kuarter kedua, UPN Veteran menambah dua poin, tapi skor Unnes menjadi 49. Keunggulan Unnes berlanjut hingga akhir laga. Pertandingan ditutup dengan skor telak tim asuhan Faisal Firdaus 94-4.

Center Unnes, Benita Cindy Merilla, menyumbang 23 poin dengan angka efisiensi yang sama. Ia juga melakukan steal sebanyak 10 kali. Selain Benita, Nadya Lailatul Ramadhani menyumbang 18 poin. Pemain bernomor punggung 12 tersebut melakukan 12 kali steal dan efisiensi yang dikantunginya sebanyak 24 poin. Liesta Ayu Nabila turut membuat 16 poin untuk Unnes.

Sebelumnya, Unnes berada di peringkat ketiga klasemen Pul X. Saat ini mereka menempati posisi teratas. Akan tetapi, lolosnya Unnes dari fase grup untuk menuju ke semifinal akan ditentukan oleh pertandingan terakhir putri Pul X pada Sabtu (15/7)

“Para pemain memang dituntut untuk mengambil banyak poin hari ini karena poinnya nanti akan diperhitungkan. Kalau kami bisa lolos melalui tiga gim yang sudah dilakukan, kami akan mengadakan evaluasi kembali agar siap di pertandingan selanjutnya,” ucap Rahmad Yuli Ardiyanto, asisten pelatih Unnes.

USM Duduki Puncak Klasemen

Pertandingan selanjutnya diisi putri Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Semarang (USM). USM memenangi pertandingan di hari kelima LIMA Basketball: Kaskus Central Java and Special Region of Yogyakarta Conference ini. Salah satu pemain USM kembali mencetak banyak angka.

Selama putaran kuarter pertama, USM mencetak 10 poin dan UNY belum menghasilkan angka. Di kuarter kedua, UNY menambah enam poin saat kampus asal Semarang tersebut sudah berada di 17 poin. USM tetap unggul di kuarter ketiga, sekaligus menutup  laga dengan kemenangan mereka di skor 31-15.

Nabilla Pebriani Rosani kembali menjadi pencetak poin terbanyak untuk USM. Dari total 31 poin yang dihasilkan, Nabilla turut menyumbang 10 poin dengan efisiensi 14. Ia juga melakukan rebound sebanyak 12 kali, enam kali offensive rebound dan enam kali defensive rebound.

Dengan hasil tersebut, USM saat ini berada di urutan teratas klasemen Pul Y. Sebelumnya, mereka menduduki posisi ketiga. Lolosnya USM ke semifinal akan ditentukan oleh pertandingan terakhir Pul Y pada esok hari, Sabtu (13/7).

Rahardian Yoganino Pradipta, asisten pelatih USM berkata, “Kami menerapkan full court defense di pertandingan hari ini. Para pemain juga menerapkannya dengan baik. Kemenangan ini sudah diprediksi karena kami sudah merencanakan strategi tersebut agar bisa menjadi runner-up terbaik Pul.”