BREAKINGNEWS.CO.ID – Tim putri kampus Universitas Dian Nuswantoro (Yogjakarta) keluar sebagai juara pada penyisihan pul x  LIMA Basketball: Kaskus Central Java and Special Region of Yogyakarta. Kepastian itu diperoleh setelah pada pertandingan terakhir mereka merebut kemenangan tipis atas  Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) dengan skor 30-25 di Yogjakarta,  Sabtu (13/7/2019).

Dua pemain UAY tampil menonjol pada pertanding yang berlangsung di kampus  di Universitas Katolik Soegijapranata (Unika Soegijapranata) tersebut.

Sejak awal pertandingan Udinus tampil lebih baik dan memimpin hingga akhir babak dengan skor 9-5. Kampus yang berada di Semarang tersebut memimpin pertandingan hingga kuarter kedua dengan 18-11. Kuarter ketiga diakhiri dengan skor imbang 21-21 antara kedua kampus tersebut. Di menit awal kuarter keempat, Udinus berhasil unggul dan  mengakhiri persaingan dengan kedudukan akhir   30-25.

Pemain Udinus, Sofiana Widi Astuti, yang menjadi pencetak skor terbanyak di pertandingan sebelumnya juga menyumbang poin lagi di laga ini. Dari 30 poin yang dihasilkan, Sofiana mengumpulkan 10 poin untuk kampusnya. Selain poin, ada juga pencetak rebound terbanyak, yaitu Lady Dita Aditiya. Pemain yang bernomor punggung 7 tersebut melakukan sembilan rebound dengan empat kali offensive rebound dan lima kali defensive rebound.

Pelatih Udinus, Yan Novi juga mengakui keunggulan Sofiana dan Lady. “Keunggulan kami mungkin didapatkan karena latihan dan persiapan kami yang lebih matang. Kemampuan para pemain kami juga rata, hanya saja ada dua pemain yang lebih menonjol, yaitu Sofiana dan Lady, " ujar Novi.

“Semoga kami juga bisa masuk ke final setelah bertanding di semifinal nanti,” tambahnya.

Dengan hasil tersebut, Udinus menjadi juara Pul X dan akan melaju ke semifinal untuk berhadapan dengan runner-up terbaik, Universitas Negeri Semarang (Unnes) pada Senin (15/7/2019).

Undip Tekuk UGM

Sementara pada pertandingan lain,  putri Universitas Diponegoro (Undip) Semarang juga memastikan diri lolos ke babak empat besar berkat kemenangan yang diperoleh atas Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dalam kedudukan 48-33.

Florence Kharisma, yang pernah mencetak poin banyak di laga sebelumnya melawan USM, kini juga menorehkan angka terbanyak bersama Nanda Bunga Harum Lestari. Kedua pemain Undip tersebut sama-sama mengumpulkan 13 angka. Pemain lainnya, Langgeng Putri Melinda menyumbang 11 poin untuk kampusnya. Dua pemain Undip yang mencetak angka adalah Novita Margahayu dengan tujuh poin dan Yolanda Shafira empat poin. Novita sekaligus menjadi pemain dengan efisiensi tertinggi, yaitu 22.

“Strategi kami di pertandingan tadi berjalan dengan bagus karena para pemain melakukan instruksi dengan baik. Sejak awal, mereka tidak memberikan kemudahan lawan untuk menyerang. Kemenangan ini juga sudah kami prediksi, karena tahun lalu kami pernah melawan UGM juga dan kalah. Jadi setelah kekalahan tersebut, saya mempelajari kekurangan lawan,” ucap pelatih Undip, Eko Widodo.

“Untuk melawan tuan rumah nanti, kami hanya akan bermain sesuai dengan kemampuan para pemain,” tambah Eko.