BREAKINGNEWS.CO.ID – Putra pertama dari Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka mengaku belum ingin terjun ke dunia politik untuk saat ini. Ia mengaku masih ingin fokus dengan pekerjaan yang saat ini digelutinya sebagai seorang pengusaha. Namun demikian tak menutup kemungkinan kalau dirinya ingin mengikuti jejak sang ayah.

Saat ini, Gibran Rakabuming Raka telah mengikuti jejak bapaknya menjadi pengusaha, seperti yang dilakukan bapaknya sebelum menjabat sebagai Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga sekarang menjadi Presiden RI. "Sekarang kan Bapak sudah jadi politikus, saya lihat itu sebagai hal yang sangat dinamis ya," ucap Gibran Rakabuming Raka di Restoran Green Garden, Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/12/2018).

Menurutnya, seorang pengusaha dituntut membantu masyarakat yang kurang mampu melalui program CSR. Dan jika hanya menjadi pengusaha, lanjutnya, maka dampak positifnya tidak dapat dirasakan seluruh masyarakat, meski sudah mengeluarkan banyak dana. "Jadi kalau pengin menyentuh banyak orang, ya harus terjun ke dunia politik, kebijakan yang pro rakyat, sehingga bisa menyentuh banyak orang, karena pengusaha yang sukses itu harus ada yang namanya pengembalian ke masyarakat," papar Gibran Rakabuming Raka.

"Jadi harus ada yang namanya pengabdian ke negara, dan itu menurut saya sodaqoh. Menurut saya, pengusaha bisa jadi politikus, tapi politikus belum tentu bisa jadi pengusaha," sambungnya.

Sebelumnya Jokowi juga mengaku telah memberikan arahan kepada anak-anaknya untuk tidak bermimpi menjadi seorang pimpinan negara dengan cara yang ekstra. Mantan Gubernur Jakarta ini menghimbau kepada anak-anaknya tersebut jika ingin terjun ke dunia politik harus berjuang dari bawah. "Mereka sudah diberi kebebasan untuk menentukan pilihan ke mana, tapi tadi prinsip-prinsip, mereka sudah tahu semua. Apa yang boleh dan tidak boleh, misalnya tahu-tahu Kaesang mau nyalonin Presiden di 2024, ya enggak mungkin juga," tutur .