BREAKINGNEWS.CO.ID – Ulangan final tahun lalu antara tim basket putra Institut Teknologi Harapan Bangsa ( ITHB) Bandung vs Universitas Pelita Harapan (UEU) Jakarta,  kembali tersaji pada LIMA Basketball Final National Seasons 7 arau tahun ini. Keduanya berhak tampil di final usai mengandaskan lawan-lawan mereka pada babak empat besar yang berlangsung di di Gelanggang Remaja Jakarta Timur pada Minggu (11/8/2019).

ITHB memastikan laga ulangan tahun lalu itu tersaji lagi, setelah mengandaskan perlawanan   Universitas Esa Unggul (UEU)  Jakarta dengan skor 76-42 . Mereka akan mencoba menghentikan  juara bertahan UPH yang dipertandingan sebelumnya, maju ke laga puncak dengan mengatasi perlawanan tim Perbanas Jakarta dengan skor telak 96-56.

Wakil Jawa Barat berjuluk the Warriors ini membuka pertandingan dengan keunggulan di lima menit pertama dengan skor 8-6. UEU mencoba mengejar keunggulan lawan, tetapi ITHB terus menjauhkan jarak poin berkat pertahanan ketat mereka. Akurasi tembakan tim Bandung tersebut pun lebih baik daripada UEU di pertandingan ini, dengan sebelas tembakan tiga poin lewat enam pemainnya. Performa apik tim berjulukan Arrows tersebut bertahan hingga akhir laga.

Pemain ITHB, Yudha Saputera, kembali mencetak angka terbanyak di pertandingan ini. Dalam waktu 19 menit bermain, ia menghasilkan 19 angka dari 78 poin yang dihasilkan kampusnya. Permainan bagusnya tak hanya di pertandingan ini. Di laga pertama ITHB melawan Universitas Brawijaya (UB) Malang, Yudha menyumbang 15 poin.

Pelatih ITHB, Ricky Gunawan mengapresiasi permainan timnya di pertandingan ini. Ia berkata, “Hari ini penampilan para pemain di atas ekspektasi saya, terutama akurasi tembakan. Hampir semua pemain bisa mengeksekusi bola dengan baik. Pertahanan mereka juga baik di dua kuarter pertama. Saya cukup gembira dengan permainan tim hari ini. Saya melihat bahwa faktor utama kemenangan ini adalah motivasi mereka sendiri karena sudah masuk empat besar. Level fokus seperti inilah yang ingin saya lihat dari mereka. Semoga besok mereka bisa mempertahankan penampilan ini, atau bisa lebih baik lagi.”

“Persiapan terpenting kami untuk final adalah pemulihan diri untuk para pemain sebaik mungkin. Kalau sudah di final, yang utama bukan tentang materi pemain atau kualitas teknik, tapi lebih ke mentalitas dan fokus saat bermain,” tambahnya.

Dengan kemenangan ini, ITHB akan kembali bertemu dengan sang juara bertahan, Universitas Pelita Harapan (UPH).  Ini menjadi pertemuan ke tiga  di laga puncak bagi kedua tim, setelah hal serupa terjadi pada musim pertama dan tiga. Pada musim pertama, tim Bandung yang berjuluk the Arrows sukses menjadi yang terbaik. Namun pada pertemuan kedua di  musim ke tiga atau  musim lalu, giliran UPH yang merebut mahkota juara.

Maka  layak kita tunggu,  siapa yang akan menyandang status jawara nasional pada laga pamungkas Senin (12/8/) besok.