JAKARTA - Bawang bombai awalnya dibawa oleh para pedagang-pedagang yang berasal dari Kota Bombay yang sekarang berubah menjadi Mumbay, India. Bawang bombai ini memiliki bentuk yang lebih besar dibandingkan dengan bawang biasanya. Seperti dilansir dari situs doktersehat, Sabtu (11/11/2017).

Berbicara mengenai bawang bombai, banyak manfaat dan khasiat yang bisa kita dapatkan dari sayuran yang satu ini. Hal ini dikarenakan bawang bombai memiliki banyak kandungan nutrisi dan zat gizi yang sangat baik untuk kesehatan.

Kandungan nutrisi tersebut antara lain, allicin, asam amino, kalsium, mangan, sodium, sulfur, vitamin C, vitamin E, minyak asri, dan masih banyak lagi. Kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan menjaga tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.

Namun meskipun bawang bombay memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, sayuran yang satu ini juga memiliki efek samping yang tentunya dapat membahayakan tubuh. Hal ini akan terjadi apabila dikonsumsi berlebihan atau tidak dalam aturan yang benar. Berikut ini beberapa manfaat dan efek samping bawang bombay untuk kesehatan:

Berikut manfaat bawang bombay :

1. Menangkal radikal bebas

Bawang bombay memiliki sifat antioksidan yang tinggi, sehingga dimanfaatkan untuk membantu menangkal radikal bebas. Radikal bebas yang menyerang tubuh dan dibiarkan begitu saja tanpa adanya pertahanan dari tubuh akan dapat membahayakan kesehatan tubuh dan kulit. Konsumsilah bawang bombay untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas.

2. Meningkatkan sistem imun tubuh

Bawang bombay juga mengandung vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Jika sistem imun tubuh meningkat, tentu daya tahan tubuh juga akan kuat dan kebal dari berbagai serangan penyakit. Konsumsilah bawang bombay secara rutin agar sistem imun tubuh menjadi kuat.

3. Anti virus

Kandungan niacin yang terdapat dalam bawang bombay bisa digunakan sebagai anti virus tubuh. Niacin tersebut dapat membantu menangkal berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus, misalnya gangguan penyakit flu atau pilek dan juga influenza.

4. Mengobati flu

Seperti yang dijelaskan dalam poin sebelumnya, bawang bombai baik untuk mengobati flu. Pada zaman dahulu ketika wabah flu menyerang, konon dengan meletakkan bawang bombai di dalam ruangan, virus flu mampu pergi dan tidak menyerang lagi. Memang belum ada penelitian mengenai hal ini. Akan tetapi tidak ada salahnya mencoba cara ini ketika stamina anda mulai menurun.

5. Mengobati penyakit cacingan

Bagi anda atau anak-anak anda yang mengalami masalah cacingan, anda bisa memanfaatkan bawang bombay. Dengan mengkonsumsi bawang bombay bisa membantu mengobati cacingan yang menyerang. Anda cukup menjadikan bawang bombay sebagai makanan cemilan atau campuran bumbu masakan lalu konsumsi secara rutin.

6. Sembelit

Bawang bombay juga memiliki manfaat baik dalam mencegah terjadinya sembelit. Bawang bombay kaya akan kandungan seratnya, sehingga sangat baik untuk mencegah sembelit. Manfaat serat yang terdapat dalam bawang bombay lebih banyak dibandingkan dengan bawang merah. Konsumsilah bawang bombay secara rutin.

7. Membuat gigi lebih kuat

Memiliki gigi yang kuat memang menjadi kebanggaan tersendiri. Untuk mendapatkan gigi yang kuat, perlu mengkonsumsi makanan yang dapat membantu menguatkan gigi. Anda dapat mengkonsumsi bawang bombay secara rutin. Bawang bombay mengandung zat yang dapat membantu memperkuat gigi. Sehingga gigi menjadi lebih kuat dan sehat.

8. Mencegah osteoporosis

Bawang bombai memiliki kandungan senyawa khusus yang mampu menggantikan pengeroposan tulang pada wanita yang menderita osteoporosis. Nah, apabila anda ingin mencegah terjadinya osteoporosis, rajinlah mengkonsumsi bawang bombay mulai dari sekarang. Kandungan di dalamnya mampu membantu menguatkan tulang dan mencegah dari berbagai macam penyakit tulang.

9. Mengatasi maag

Bagi anda yang sering mengalami masalah maag setiap harinya, anda bisa mengatasinya dnegan memanfaatkan bawang bombai. Mengkonsumsi bawang bombay akan membantu mengusir maag secara perlahan. Hal itu dikarenakan bawang baombai mengandung natrium yang bisa menormalkan kadar asam lambung di dalam lambung.

10. Mengatasi mual

Rasa mual memang sangat mengganggu aktivitas. Untuk mencegah terjadinya mual dan mengatasinya, manfaatkanlah bawang bombai dengan cara memarut bawang bombai dan tempelkan pada perut. Memang rasanya panas dan pedas, namun rasa panas dan pedas yang dihasilkan dari bawang bombay bisa digunakan sebagai penghilang rasa mual dan masuk angin.

11. Mengobati anemia

Anemia atau tekanan darah rendah memang akan sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Atasilah dengan memanfaatkan bawang bombai. Kandungan zat besi yang ada di dalam bawang bombai dapat anda gunakan sebagai obat alami anemia. Konsumsilah bawang bombai secara rutin.

12. Meningkatkan daya ingat

Daya ingat yang kuat memang sangat menguntungkan. Apalagi saat kita disuruh mengingat hal yang telah terjadi di masa lalu, pasti akan sangat membantu dengan daya ingat yang kuat. Anda bisa memanfaatkan bawang bombai untuk meningkatkan daya ingat. Hal ini karena adanya kandungan vitamin yang berguna meningkatkan daya ingat. Sehingga dapat mencegah kepikunan.

13. Menurunkan kadar kolesterol dan gula darah

Kolesterol yang tinggi dan gula darah yang terus meningkat dapat membahayakan kesehatan tubuh. Konsumsilah bawang bombai. Kandungan vitamin yang cukup tinggi yang terdapat pada bawang bombai adalah vitamin B3 dan vitamin B9. Kandungan tersebut akan membantu menjaga stabilitas kadar gula dalam darah, menurunkan kadar kolesterol, menyerap lemak dan menjaga keseimbangan genetis sel.

14. Mengobati hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi juga bisa anda atasi dengan memanfaatkan bawang bomabi. Bawang bombay bisa digunakan untuk mencegah hipertensi, hal ini karena bawang bombai akan membantu melebarkan dan melancarkan pembuluh darah, sehingga tekanan darah pun bisa menjadi normal kembali.

15. Melancarkan pembuluh darah

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa bawang bombai mampu membantu melancarkan pembuluh darah. Hal ini dikarenakan di dalam bawang bombay banyak mengandung kalori baik yang bisa digunakan untuk pelebaran pembuluh darah. Konsumsilah bawang bombai secara rutin.
Efek samping bawang bombay

Bawang bombai juga memiliki efek samping yang membahayakan tubuh. Memang bagi penderita hipertensi dan gangguan ginjal efek ini sangat berguna untuk meringankan kerja ginjal dan menurunkan tekanan darah. Namun akan berefek sebaliknya jika tubuh tidak memiliki cadangan air yang cukup untuk produksi urine. Ya, efeknya akan membahayakan kesehatan tubuh.

Tubuh akan menjadi lemas dan akan muncul gejala-gejala awal berupa kepala pusing dan mata berkunang – kunang. Minumlah air putih lebih banyak lagi untuk menghindarinya. Dan bagi penderita diare, jangan mengkonsumsi bawang bombai secara langsung atau dengan olahan acar.