JAKARTA - Sebanyak 33  preman yang kerap meresahkan masyarakat ditangkap aparat Polres Jakarta Selatan. Penangkapan dilakukan dalam operasi cipta kondisi terhadap para preman jalanan. Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan AKBP Bismo Teguh kepada wartawan mengungkap kegiatan operasi ini dilaksanakan untuk meminimalisir aksi kejahatan di masyarakat.

"Kalau kita bisa meminamislir, masyarakat akan merasa lebih aman," kata Bismo Teguh di Mapolres Jaksel, Jalan Wijaya, Kebayoran Baru, Kamis (7/12/2017). Bismo menyebut operasi ini digelar sejak Rabu (6/12/2017). "Mereka kami tangkap karena melakukan tindakan meminta uang dari masyarakat," ucap Bismo.

Dia mengajak masyarakat untuk tidak takut melawan aksi premanisme. "Kita mendapat informasi masyarakat sering diperas makanya kita ciduk," tegasnya.  Terhadap para preman yang ditangkap, Bismo menyatakan  akan berkoordinasi dengan  petugas Kementerian Sosial agar dilakukan pembinaan. 

Bismo berharap dengan pemberantasan aksi premanisme di wilayahnya akan semakin kondusif dari gangguan Kamtibmas.  Adapun pria berinisial MF (24) ditangkap aparat karena  membawa senjata tajam berupa pisau dan mulutnya bau alkohol. Senjata tajam yang disita aparat dijadikan sebagai barang bukti.