BREAKINGNEWS.CO.ID - Nusa Tenggara Barat (NTB) terkenal akan keindahan alam serta budayanya. Tidak hanya sebagai tempat rekreasi semata, NTB adalah sebuah Propinsi di timur Indonesia yang menyajikan beragam keindahan pulaunya. Salah satu pulau yang kini paling dicari para traveler, yaitu Pulau Kenawa.

Pulau Kenawa merupakan pulau tak berpenghuni yang terletak di Desa Pototano, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Cantiknya Padang Sabana di Pulau Kenawa merupakan daya tarik paling menonjol yang membuat wisatawan datang kesini.

Pulau Kenawa.

Uniknya, di tengah-tengah pulau terdapat bukit yang tidak terlampau tinggi. Hanya butuh 10 menit untuk mendaki sampai ke puncak. Bukit ini seolah menjadi ‘mata’ Pulau Kenawa.

Dari puncaknya, pengunjung bisa leluasa melepas pandangan, menikmati keindahan rumput savana Pulau Kenawa. Pulau ini memiliki luas sekitar 8 hektar dan dihiasi dengan sabana membentang luas sejauh mata memandang.

Pulau Kenawa.

Tak hanya itu saja, pengunjung juga bisa melihat cantiknya pulau-pulau di Kabupaten Sumba Barat seperti Pulu Range dan Pulau Kalong.

Uniknya, rerumputan dan padang ilalang di sini bisa berubah warna sesuai dengan musim. Jika musim kemarau, pengujung akan disambut dengan padang sabana yang menguning kecokelatan, sedangkan jika musim hujan padang savana akan menghijau. Benar-benar Indah mempesona!

Pulau Kenawa.

Meskipun tak berpenghuni, namun di sini Anda bisa melihat beberapa gazebo untuk beristirahat wisatawan di pinggiran pulau ini. Tak hanya itu, terdapat pula jembatan kayu yang menjorok ke laut yang bisa menjadi alternatif Anda untuk jumping ke laut yang menawarkan pemandangan surga.

Jika Anda kebetulan memiliki rencana untuk mengunjungi Kabupaten Sumba Barat, wajib hukumnya mengunjungi padang sabana di Pulau Kenawa yang cantiknya luar biasa. Waktu terbaik ke sini konon ketika waktu matahari sedang menuju peraduan. Jadi, datanglah ketika senja jika ke sini. Pulau yang jadi salah satu tujuan wisatawan domestik dan mancanegara. Pulau ini adalah salah satu dari pulau gugusan Gili Balu yang terletak di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).