BREAKINGNEWS.CO.ID- Bukan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin namanya jika tidak mencoba sendiri layanan yang dijanjikan institusi yang dipimpinnya. Minggu (12/8/2018) pukul 03.30 waktu Saudi atau pukul 07.30 WIB, pulang dari Masjidil Haram, Menag Lukman memilih naik bus salat lima waktu (salawat) untuk menuju Kantor Daker Mekah di kawasan Syisyah, kota Mekah.

Dari pintu Marwah Masjidil Haram, Menag Lukman dan rombongan berjalan sekira 500 meter arah tenggara menuju Terminal Syib Amir. Untuk menuju kantor Daker yang terletak di kawasan Syisyah, sekitar tiga kilometer dari Masjidil Haram, Menag memilih bus rute 7.

Sepuluh menit perjalanan dilalui Menag Lukman dengan penuh kenyamanan. “Bus salawat ini kita sediakan untuk melayani jemaah yang tinggal di hotel dengan radius lebih dari 1,5 km dari Masjidil Haram,” ungkap Menag di atas bus. “Bus beroperasi 24 jam non-stop, jadi para jemaah yang hendak ke Masjidil Haram kapanpun tidak usah khawatir,” imbuhnya lagi.

Menurut putra mantan Menag KH Saifuddin Zuhri (alm) itu, kondisi bus salawat cukup nyaman untuk mengantar jemaah. “Kondisi cukup nyaman karena berpendingin udara,” ujar Menag. “Mudah-mudahan bus salawat membuat nyaman bagi seluruh jemaah Indonesia,” tutup Menag sesat sebelum turun dari bus.

Adapun kedua belas rute lengkap bus salawat sebagai berikut:
Rute 1: Aziziah Janubiah-Jamarat; Rute 2: Aziziah Syimaliah 1-Jamarat; Rute 3: Aziziah Syimaliah 2-Jamarat; Rute 4: Jamarat-Mahbas Jin-Bab Ali; Rute 5: Syisyah-Syib Amir; 6. Syisyah Raudhah-Syib Amir; Rute 7: Syisyah 1-Syib Amir; dan Rute 8: Syisyah 2-Syib Amir. Rute 9: Raudhah-Syib Amir; Rute 10: Biban Jarwal-Syib Amir; Rute 11: Misfallah Nakkasah-Jiad, dan Rute 12: Rea Bakhsy-Jiad.

PANJATKAN DOA

Sebelumnya, Menag yang memimpin delegasi Amirul Hajj Indonesia, Minggu dini hari WIB menunaikan umrah wajib. Dari pelataran Masjidil Haram, Menag Lukman melangitkan doa agar seluruh jemaah dapat melaksanakan rukun dan wajib haji dengan sebaik-baiknya.

“Kepada seluruh jemaah Indonesia yang saat ini telah berada di Makkah, saya ucapkan selamat menunaikan ibadah haji, mudah-mudahan mampu menjaga kesehatan karena puncak haji kita adalah wukuf di Arafah beberapa hari mendatang,” ungkap Menag.

Hal itu disampaikan Menag, agar seluruh jemaah dapat melaksanakan rukun dan wajib haji dengan sebaik-baiknya dan dapat kembali ke tanah air dengan sehat dan selamat.

Di sisi lain, Menag berharap agar jemaah mendoakan seluruh sanak saudara di tanah air. “Doakan pula seluruh sanak saudara di tanah air dan bangsa kita agar terus senantiasa diberkahi Allah SWT berupa kekuatan dalam menghadapi berbagai macam cobaan,” urai Menag.

Selain itu, Menag juga berdoa, agar bangsa dan negara semakin meningkat kualitas kehidupan di masa mendatang. “Mudah-mudahan seluruh jemaah haji Indonesia mendapat kemabruran dari Allah SWT,” tandas Menag. 

Menag dan seluruh delegasi Amirul Hajj mendarat di Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Sabtu (11/8) sore. Menurut rencana akan berada di Tanah Suci hingga 31 Agustus 2018 mendatang.