BREAKINGNEWS.CO.ID - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengerahkan kereta khusus untuk bantuan kesehatan atau rail clinic guna membantu sekaligus memberi layanan kesehatan terhadap para korban tsunami di Banten. Rail Clinic sendiri adalah satu rangkaian kereta khusus untuk keperluan kesehatan yang memanfaatkan jalur kereta api untuk enembus daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan bermotor.

Pelayanan rail clinic sendiri akan berlangsung salama tiga hari kedepan, terhitung sejak Senin (24/12/2018) hingga Rabu (26/12/2018). Dengan layanan itu nantinya diharapkan bisa membantu para korban pasca terdampak tsunami. "Harapan kami, semoga Rail Clinic dapat memberikan bantuan kesehatan dan pemulihan yang maksimal bagi korban bencana tsunami," ungkap Edi Sukmoro, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) melalui keterangannya, Jakarta, Senin (24/12/2018).

Rail Clinic itu tersedia berbagai layanan kesehatan seperti dokter umum, dokter gigi, lab sederhana, kebidanan dan layanan farmasi atau obat. Total PT KAI (Persero) menyiagakan tenaga medis Rail Clinic tanggap darurat tsunami sebanyak 23 personil, yang terdiri dari 3 dokter umum, satu dokter gigi, 11 paramedis, satu bidan, satu apoteker dan satu asisten apoteker.

Tidak hanya tenaga medis ada pula penyediaan dan menyiagakan mobil ambulance dan mobil rescue untuk membantu masyarakat di sana. Mengingat kawasan yang terdampak sangat membutuhkan bantuan medis.

“Demi terlaksananya dengan baik dan dapat menyentuh seluruh korban tsunami yang ada di wilayah Banten, PT KAI telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Serang dan Kota Cilegon, Puskesmas Ciwandan, Puskesmas Cinangka, Koramil Ciwandan, dan Koramil Cinangka,” pungkasnya.