BREAKINGNEWS.CO.ID -  Berkat pengelolaan lingkungan yang mengedapankan prinsip community development,  PT Bumi Suksesindo (BSI), selaku pengelola tambang emas di Banyuwangi diganjar penghargaa menerima penghargaan oleh Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH) Republik Indonesia.

Perusahaan yang belum lama beroperasi di salah satu kabupaten di Jawa Timur itu mendapat penghargaan untuk kategori  BUMN/BUMS Pemegang IPPKH Inspirator Reboisasu Lahan Reklamasi tahun. Penyerahan penghargaan dilaksanakan bersamaan dengan   gelaran Rapat Koordinasi Nasional Reklamasi Hutan dan Rehabilitasi Daerah Aliran Sungai (DAS) pada 23–24 April 2019, di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta, Senin (23/4/2019).

Berbicara usai menerima penghargaan tersebut, Direktur PT BSI, Boyke Abidin, menegaskan bahwa pihaknya telah menjalankan program reklamasi di wilayah tambangnya secara progresif sejak pertama kali dibuka pada 2015. Dengan cara ini, hingga Maret 2019, PT BSI telah menyelesaikan reklamasi seluas 34,9 hektare.

"Kami melaksanakan kegiatan reklamasi secara progresif. Sejak lahan dibuka, reklamasi pun mulai—tidak menunggu pascatambang," terang Boyke. Hal ini sejalan dengan komitmen PT BSI untuk menjadi perusahaan tambang yang taat aturan dalam menjalankan kegiatan operasionalnya.

“Pengelolaan sumber daya alam secara bertanggung jawab, taat hukum, dan menerapkan prinsip-prinsip penambangan yang baik merupakan tekad kami (BSI),”  tambahnya.

Selain melaksanakan kegiatan reklamasi secara terus-menerus, perusahaan juga telah memenuhi kewajiban jaminan reklamasi sebesar Rp58,6 miliar untuk periode 2015–2019.

Di bidang sosial, PT BSI terus mengembangkan program-program kemasyarakatan melalui corporate social responsibility (CSR). Program-program ini menyasar kebutuhan masyarakat sekitar perusahaan, seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan infrastruktur.

“Untuk program sosial, kami memilih program-program yang berkesinambungan dan bermanfaat bagi masyarakat banyak dan sesuai dengan Program Pemberdayaan Masyarakat di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM),” kata Boyke.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ini mengambil tema "Ramah Menambang, Alam Seimbang, Rakyat Senang". PT BSI merupakan salah satu perusahaan tambang yang menerima penghargaan dalam acara ini.