BREAKINGNEWS.CO.ID - Timnas Indonesia akan menghadapi Myanmar pada 25 Maret 2019 dalam tajuk FIFA Matchday. PSSI melalui pelatih Simon McMenemy sudah memanggil 27 pemain untuk menjalani pemusatan latihan. Merujuk rencana, sejak 7 hingga 15 Maret mendatang, Skuat Garuda akan menjalani pemusatan latihan dan melakoni laga uji tanding di Australia.

Setelah menggelar pemusatan latihan di Negeri Kangguru, Timnas Indonesia kemudian diagendakan akan kembali menjalani pemusatan latihan pada 16 hingga 23 Maret mendatang di Bali sebelum bertolak ke Myanmar. Akan tetapi, rencana yang sudah ditata dengan rapi itu menemui kendala.

Sejumlah pemain yang masuk dalam daftar 27 pemain pilihan Simon McMenemy diperkirakan terkendala ikut dalam pemusatan latihan. Di antaranya, Andritany Ardhiyasa, Novri Setiawan dan Riko Simanjuntak. Ketiga pemain itu diagendakan akan membantu Persija Jakarta berlaga di Piala AFC.

Setali tiga uang dengan ketiganya, Muhammad Rahmat dan Rezky Pellu juga punya persoalan yang sama. Bersama PSM Makassar, keduanya juga ikut kompetisi level kedua Asia ini.

Sekretaris jendal PSSI, Ratu Tisha mengatakan sudah menjalin komunikasi dengan Persija maupun PSM untuk mencari jalan keluar masalah ini. 'Kita ketahui juga laga menghadapi Myanmar adalah laga persiapan Indonesia menuju dua kualifikasi yakni Kualifikasi Piala Dunia dan Kualifikasi Piala Asia. Semua juga bersepakat bahwa kepentingan negara mesti didahulukan,'' kata Tisha di kawasan Senayan, Jakarta, Kamis (28/2/2019).

''Tetapi di satu sisi Persija dan PSM juga berlaga di kompetisi dengan membawa nama bangsa kita. Kami saat ini berkomunikasi dengan kedua tim dan opsinya bisa saja begini: Persija ada tiga pemain yang dipanggil tetapi bisa melepas satu atau dua pemain ke Timnas untuk lawan Myanmar, pun begitu juga dengan PSM.''ujarnya, menambahkan.


Tisha melanjutkan, pemusatan latihan sebelum laga menghadapi Myanmar juga sejatinya bertujuan mencari komposisi untuk mengisi skuat McMenemy. Lawan Perth, kata Tisha lagi, juga sebetulnya penting untuk persiapan awal bersua Myanmar. ''Saat ini posisinya biarkan McMenemy berkomunikasi dengan pelatih Persija dan PSM mencari solusi terbaik. Semoga pekan depan sudah bisa kami sampaikan ke publik,'' tutup Tisha.