BREAKINGNEWS.CO.ID- Juru Bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Mohamad Guntur Romli menjelaskan alasan Yenny Wahid mendukung Joko Widodo-Ma'aruf Amin dalam Pilpres 2019. Kata Guntur, Yenny dukung Jokowi lantaran Ayahnya Gusdur punya kesamaan Ideologi politik dengan Jokowi. 
 
"Karena kedekatan ideologi politik antara Gus Dur dan Pak Jokowi. Yang pro islam yang ramah, pro kebhinekaan, pro konstisusi Indonesia dan keras terhadap kelompok radikal," ujar Guntur kepada wartawan, Rabu (26/9/2018). 
 
Guntur pun melihat hal tersebut dari sikap Jokowi yang dengan berani membubarkan ormas Hizbut Tahir Indonesia (HTI). Sikap tersebut kata Guntur sesuai dengan garis politik Gus Dur. 
 
"Pak Jokowi kan membubarkan HTI itu sesuai dengan garis politik Gus Dur. Yang kedua adalah perhatian Pak Jokowi terhadap ekonomi yang lemah. Ingin mewujudkan keadilan sosial. Ada kartu Indonesia pintar, ada kartu Indonesia sehat ada keluarga harapan dan sebagainya.  Kemudian pemerataan pembangunan Indonesia yang sebelumnya terpusat pada Jawa. Jadi itu cara yang benar-benar dekat dengan keinginan Gusdur," katanya. 
 
Diberitakan, Putri Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid, sudah menentukan sikap politiknya. Yenny memilih mendukung pasangan Joko Widodo-Maruf Amin.
 
Deklarasi disampaikan Yenny dalam acara Konferensi Pers Konsorsium Kader Gus Dur di Jalan Kalibata Timur I, Jakarta Selatan, Rabu (26/9/2018). Yenny juga berbicara atas nama 9 konsorsium kader Gus Dur.
 
"Ada banyak kelompok-kelompok lain di luar sana. Bahwa keluarga Gus Dur, saya wakili dalam sifat politiknya. Ibu saya sendiri tidak akan ikut-ikutan karena beliau ibu bangsa, beliau tugasnya 'menjewer' kalau ada yang bandel dari kedua kubu," ujar Yenny.