BREAKINGNEWS.CO.ID - Seluruh warga khususnya DKI Jakarta, dalam waktu dekat akan dapat menikmati transportasi massal kereta bawah tanah atau Mass Rapid Transit (MRT). Pada hari ini, Kamis (11/10/2018), Presiden Japan International Cooperation Agency (JICA) Shinichi Kitaoka bertemu dengan jajaran direksi PT Mass Rapid Transit (MRT) di Lebak Bulus, Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, Direksi PT MRT Jakarta bersama Shinichi mengecek proses pembangunan di Depo yang masih terus berlangsung. Dia bahkan masuk ke salah satu rangkaian kereta yang sedang diparkir di Depo.

Kepada awak media, Shinichi mengaku sangat senang bisa melihat langsung proses pembangunan MRT Jakarta. Dia pun menyebut 96% dari konstruksi sudah selesai.

Presiden Japan International Cooperation Agency (JICA) Shinichi Kitaoka.



"Saya sangat senang bisa mengunjungi lokasi proyek ini, sekarang 96% sudah selesai. Dengan target operasional pada Maret 2019, saya harap pembangunannya dapat diselesaikan dengan mulus dan memberikan kenyamanan bagi warga Jakarta," kata Shinichi kepada awak media di Depo MRT Lebak Bulus, Kamis (11/10/2018).

"Melihat besarnya populasi kota ini, ini momentum bagi Jakarta memiliki sistem Metro seperti di Jepang. Rangkaian keretanya juga masih baru dan saya senang melihatnya," imbuhnya.

Dia pun meyakinkan bahwa JICA akan terus membantu pendanaan bagi perluasan proyek MRT ke rute-rute lain maupun proyek-proyek lainnya.

"Indonesia adalah negara yang sangat penting bagi Jepang, salah satu partner kunci kami. Hubungan Indonesia-Jepang sangat penting dalam menstabilkan wilayah Asia Timur. Jadi, sangat mungkin bagi kami untuk terus memberikan dukungan seperti ini," jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar mengatakan pihaknya telah mengajukan tarif awal sebesar Rp 8.500 per 10 km ke Pemprov DKI Jakarta. Namun, keputusan sepenuhnya tergantung hasil pembahasan dengan Pemprov.

William juga mengungkapkan bahwa pihaknya bersama JICA sedang mengusahakan percepatan proyek MRT fase kedua, dengan kucuran dana dijadwalkan diteken pada bulan ini. Apalagi menurutnya, Indonesia merupakan negara yang sangat menarik bagi Jepang untuk berinvestasi.

"Jadi kami akan mendukung kelanjutan dari pembangunan ini (MRT Jakarta fase II)," ucapnya.