BREAKINGNEWS.CO.ID - Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mendapat kado istimewa di usianya ke-73 pada 1 Juli 2019, Polri mendapat masuk dalam tiga besar lembaga negara yang mendapatkan kepercayaan publik cukup tinggi.

Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian mengklaim pada tahun 2016 Korps Bhayangkara masuk dalam tiga institusi yang kepercayaan publiknya rendah. Masuknya Polri sebagai tiga besar lembaga negara yang dipercaya publik sekarang berdasarkan dari survei. 

"Polri pada tahun 2016 termasuk dalam 3 institusi dengan kepercayaan publik rendah, dan saat ini berdasarkan hasil survei yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga yang kredibel, telah berada pada 3 besar lembaga yang dipercaya publik," ucapnya di kawasan Monumen Nasional, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2019).

Tito menyebut, meningkatnya kepercayaan publik pada Polri tak lain karena upaya perbaikan selama tiga tahun terakhir yang dilakukan. Dimana Polri terus mencanangkan program Profesional, Modern dan Terpercaya (Promoter).

"Dititik beratkan pada tiga kebijakan utama. Yaitu peningkatan kinerja, perbaikan kultur, dan manajemen media," katanya. 

Dia menjelaskan, peningkatan kinerja, terwujud melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, profesionalisme dalam penegakan hukum, dan pemeliharaan stabilitas kamtibmas secara optimal. Lalu, perbaikan kultur direalisasikan dengan menekan budaya koruptif, menghilangkan arogansi kekuasaan, dan menekan kekerasan eksesif. 

Kemudian, manajemen media dilaksanakan pada media konvensional dan media sosial, dengan menyampaikan berbagai upaya Polri dalam pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dan meminimalisir berita negatif, seperti berita bohong atau hoax dan ujaran kebencian.

"Tiga tahun implementasi Program Promoter telah menunjukkan hasil yang baik. Kepercayaan publik terhadap institusi Polri terus meningkat," katanya.

Seperti diketahui hari ini Polri menyelenggarakan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73. Kegiatan dilakukan di kawasan Monas yang dihadiri langsung Presiden Joko Widodo.