BREAKINGNEWS.CO.ID – Pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, berhasil melaju ke babak kedua turnamen bulutangkis Korea Masters 2018. Unggulan utama Indonesia ini sukses menyingkirkan ganda campuran wakil Taiwan, Chang Ko-Chi/Cheng Chi Ya.

Dalam duel babak pertama di Gwangju Women’s University, Gwangju, Korea Selatan, Selasa (27/11/2018), pasangan peringkat 14 dunia tersebut menang straight game dengan skor 21-17, 21-14 dalam waktu 26 menit. Ini merupakan pertemuan pertama Praveen/Melati dengan lawannya yang menempati peringkat 45 dunia tersebut. Pada babak kedua, Praveen/Melati dipastikan kembali bertemu wakil Taiwan. Pasalnya, mereka akan menghadapi pemenang duel sesama pasangan dari negara tersebut, Lee Fang-Chih/Sung Shuo Yun, atau Lin Shang Kai/Cheng Yu-Pei.

Indonesia menurunkan empat ganda campuran pada turnamen level super 300 ini. Tidak hanya Praveen/Melati, ada unggulan keempat Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, unggulan kelima Alfian Eko Prasetya/Marsheilla Gischa Islami serta unggulan kedelapan, Akbar Bintang Cahyono/Winny Oktavina Kandow. Tiga pasangan yang disebutkan terakhir ini baru akan tampil pada Rabu (28/11) mendatang. Rinov/Pitha melawan Po Li-Wei/Chang Ching Hui (Taiwan), Alfian/Gischa vs Kim Won Ho/Baek Ha Na (Korea Selatan) dan Akbar/Winny juga bertemu wakil tuan rumah, Park Byeong Hun/Kim So Yeong. Tidak hanya empat pasangan tersebut, masih ada satu pemain Indonesia yang tampil pada nomor ganda campuran, Rusydina Antardayu Riodingin. Dia berpasangan dengan pemain Malaysia, Mohamad Arif Ab Latif Arif, melawan pasangan Amerika Serikat, Mathew Fogarty/Isabel Zhong.

3 tunggal putra tidak berhasil ke babak utama

Pada Selasa (27/11), turnamen tersebut juga memainkan sejumlah pertandingan kualifikasi. Tiga tunggal putra Indonesia tampil, akan tetapi tidak berhasil melewati hadangan untuk menembus babak utama. Yehezkiel Fritz Mainaky kalah dua gim langsung dengan skor 8-21, 13-21 dari Lee Chia Hao (Taiwan). Vicky Angga Saputra pun tidak berdaya melawan pemain Cina, Ren Pengbo, karena kalah dengan skor 23-25, 18-21.

Andre Marteen juga mengalami nasib serupa. Melawan pemain Taiwan, Chi Yu Jen, Andre kalah 15-21, 14-21, sehingga tidak ada tambahan wakil Indonesia pada babak utama untuk sektor tunggal putra. Ada lima tunggal putra Indonesia yang langsung menembus babak utama. Panji Ahmad Maulana akan melawan unggulan utama dari Korea Selatan, Son Wan Ho, Ihsan Maulana Mustofa bertemu Chen Shiau Cheng (Taiwan), Shesars Hiren Rhustavito melawan Milan Ludik (Ceko), Chico Aura Dwi Wardoyo vs Heo Kwang Hee (Korea) serta Firman Abdul Kholik vs Sitthikom Thammasin (Thailand). Babak utama nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan sebagian nomor ganda campuran, baru akan berlangsung pada Rabu (28/11) mendatang.