MOSCOW – Presiden Rusia Vladimir Putin telah memberikan izin kepada para atlet Rusia untuk berlaga di Olimpiade Korea Selatan 2018. Dalam pergelaran pesta olahraga paling bergengsi di dunia tersebut yang akan digelar pada 9-25 Ferbuari mendatang di Pyeongchang, Korsel itu, para atlet asal Rusia tersebut akan tampil mengunakan bendera netral dan tidak mengunakan bendera Rusia.

Soal bendera netral ini menjadi salah satu sanksi yang diberikan Komite Olimpiade Internasional (IOC) terkait dengan skandal doping di Negeri Beruang Merah. Awalnya, Kremlin diprediksi akan memboikot pesta olah raga musim dingin itu.

"Kami pasti tak mengumumkan untuk memboikot. Kami tak akan melarang atlet untuk bertanding di Olimpiade kalau mereka memang ambil bagian dalam kapasitas pribadi," kata Putin seperti dilansir kantor berita TASS, Kamis (7/12/2017). Soal keputusan ikut tidaknya, Putin menyerahkan pada Komite Olimpiade Rusia.

Pernyataan Putin langsung direspon Presiden IOC Thomas Bach. "Saya berharap dan yakin atlet Rusia akan memanfaatkan kesempatan ini untuk berpartisipasi dalam olimpiade untuk mewakili generasi baru yang bersih," ungkjap Bach dalam pernyataan resminya.