BREAKINGNEWS.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali melakukan kunjungan kerjanya ke Kota Padang, Sumatera Barat. Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana beserta rombongan bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanaakusuma, Jakarta Timur menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1.

Presiden Jokowi bersama menteri kabinet kerja tiba di Kota Padang pada Senin (8/10/2018) pukul 20.05 WIB. Setiba di Padang, Presiden Jokowi menyambangi mal di Kota Padang, Sumatera Barat. Jokowi menyapa warga sambil berbelanja.

Jokowi menyambangi pusat perbelanjaan yang berada di kawasan Jl Pemuda, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Jokowi, yang mengenakan kemeja putih lengan panjang, langsung menuju sebuah toko pakaian yang berada di lantai 2. Setelah melihat isi toko, Jokowi membeli dua celana jins.

"Presiden kemudian berkeliling untuk melihat-lihat produk lain. Saat berjalan-jalan, masyarakat yang melihat kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini pun langsung mengerubungi Presiden," kata Bey dalam keterangan tertulis.

Kehadiran Jokowi dimanfaatkan warga untuk berjabat tangan dan berfoto bersama. Jokowi meladeni permintaan warga.

Salah satu agenda yang akan dihadiri oleh Presiden Jokowi, yakni pembukaan MTQ Nasional di Medan, Sumatra Utara. Kunjungan kerja Presiden Jokowi hari ini merupakan keenam kalinya ke Sumatera Utara sejak ia menjabat sebagai Presiden RI.

Jokowi diagendakan untuk menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-28 Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) yang berlangsung di Kota Padang. Sumbar terpilih menjadi tuan rumah Rakernas IWAPI ke-28. Agenda tahunan tersebut akan dihadiri lebih 1.500 orang perempuan pengusaha dari seluruh provinsi di Indonesia.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) IWAPI Sumbar Emma Yohanna mengatakan, rakernas IWAPI akan dilangsungkan pada 8-10 Oktober 2018. Rangkaian kegiatan dipusatkan di Kota Padang.

Tak hanya pengusaha, rapat nasional itu dikabarkan juga akan dihadiri sejumlah Menteri kabinet Jokowi-JK. Di antaranya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise.

Jokowi sendiri sudah lima kali berkunjung ke Tanah Minang dalam jabatannya sebagai pimpinan tertinggi negara. Pada 2015, Jokowi berkunjung ke Sumbar dan Riau untuk meninjau dampak bencana kebakaran hutan dan lahan. Kemudian, pada April 2016 dirinya berkunjung lagi ke Sumbar untuk membuka Latihan Multilateral Angkatan Laut Komodo 2016.

Tiga bulan setelahnya, pada Juli 2016, Jokowi datang lagi ke Sumbar dengan agenda membagikan bantuan sosial di Kota Padang. Saat itu Presiden juga mengikuti shalat Idul Fitri 1437 H di Masjid  Raya Sumbar.

Kedatangan Jokowi juga tercatat saat Sumbar menjadi tuan rumah Hari Pers Nasinal (HPN) pada Februari 2018. Kemudian pada Mei 2018, Jokowi kembali hadir untuk meresmikan pengoperasian KA BIM.