BREAKINGNEWS.CO.ID - Dalam rangka kunjungan kerja di Korea Selatan pada hari kedua, Selasa (11/9/2018). Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengisi agenda dengan berjalan menyusuri tepi Sungai Cheonggyecheon. Agenda ini merupakan hari terakhir Presiden Jokowi ke Seoul sebelum bertolak ke Hanoi, Vietnam.

Usai melihat kondisi sungai yang berada di tengah kota negeri sakura tersebut, Presiden Jokowi memuji kebersihan sungai Cheonggyecheon. Sebelumnya, Presiden Jokowi dan Iriana disambut bersama Wali Kota Seoul Park Won-soon dan  jalan kaki melewati underpass yang merupakan integrasi stasiun kereta api bawah tanah dengan pertokoan.

Di penghujung jalan sebelum menyusuri tepi sungai. Presiden Joko Widodo bermimpi Sungai Ciliwung yang membelah Kota Jakarta bisa sebersih Sungai Cheongyecheon, Seoul, Korea Selatan.

"Ini sebuah sungai di kota yang bersih sekali, Sungai Cheongyechoen, sebuah inspirasi bagus. Kalau di Jakarta ada Ciliwung jadi bersih seperti ini, wooo...dan itu bisa," kata Presiden usai menyusuri Sungai Cheongyecheon di seoul, Korea Selatan, Selasa (11/9/2018).

Kepala Negara mengungkapkan, Sungai Cheongyechong pada 2003 kondisinya kurang lebih sama dengan Sungai Ciliwung.

"Tetapi dikerjakan dalam waktu dua tahun tiga bulan sungainya jadi sangat bersih lagi seperti jaman dahulu kala," katanya.

Presiden mengungkapkan, panjang Sungai yang membelah ibukota Korea Selatan ini sepanjang 8 kilometer dan 5,8 km sudah dalam kondisi jernih.

"Saya kira sebuah tontonan yang bisa menjadi tuntutan kita bisa mengerjakan menggarap sungai yang ada di Jakarta. Kalau kita mau bisa," kata Presiden.

Jokowi mengatakan jika ada kemauan maka bisa langsung dibangun tanpa ada peraturan yang untuk mengaturnya.

"Ini hanya 2,3 tahun jaman Walikota Lee Myung-bak sungai bersih seperti ini, sehingga walikotanya jadi presiden," katanya.

Presiden mengaku sejak 2017 menjadi warga kehormatan Seoul, sehingga bisa minta apa saja, termasuk minta ilmu cara membersihkan sungai.

"Kalau jadi warga kehormatan di sini minta apa saja diberi. Saya minta resepnya bangun apa ini sungai Chongyesheon ini ke Mayor Park (Won-soon)," kata Presiden yang didampingi Walikota Seoul Park Won-soon ini.

Park Wo-soon sangat terkesan dengan kehadiran Presiden Jokowi di Sungai Cheongyecheon ini dan dirinya siap membantu permasalahan sungai di Jakarta.

"Jakarta dan Seoul adalah 'sister city', apapun yang bapak perlukan kami siap karena bapak (Presiden Jokowi) warga kehormatan Seoul," kata Park Wo-soon.