BREAKINGNEWS.CO.ID -  Presiden RI Joko Widodo menunaikan Zakat, Infak dan Sedekahnya melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) secara daring. Hal tersebut dilakukan karena virus corona dan protokol kesehatan yang meski dilakukan, sehingga pembayaran zakat  itu dilakukan secara online melalui video conference pada Selasa (12/5/2020).

Berbeda dengan tahun sebelumnya dimana pembayaran zakat secara langsung dihadiri Presiden, jajaran menteri, kepala lembaga, hingga direksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), pembayaran zakat Ramadhan secara online ini dilakukan terbatas oleh Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden, KH. Ma'ruf Amin serta beberapa Menteri Kabinet Indonesia Bersatu. Pembayaran zakat Presiden, Wakil Presiden dan jajaran pimpinan negara ini diterima secara langsung oleh Ketua Baznas, Prof. Dr. Bambang Sudibyo MBA. CA.

“Meskipun dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi komunikasi, Alhamdulillah, Presiden Jokowi secara konsisten kembali melaksanakan kegiatan rutin tahunan membayarkan zakat  yang telah dirintis beliau sejak Ramadhan 2016 lalu,” ujar Bambang Sudibyo dalam laporannya, Selasa (12/5).

Bambang menyampaikan apresiasi setinggi tingginya kepada kepala negara beserta jajarannya yang memberikan teladan kepada rakyat Indonesia khususnya kaum muslim, untuk membayarkan zakat lebih awal, mengingat di tengah masa pandemi global Covid-19 ini, banyak saudara sesama yang membutuhkan.



“Terima kasih kepada Presiden, Wakil Presiden, jajaran Menteri Kabinet Indonesia bersatu dan para pejabat lain yang telah memberikan keteladanan sebagai pemimpin muslim untuk menunaikan kewajiban ibadah zakat, disaat negara sedang dalam kondisi pandemi. Semoga langkah ini segera diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia khususnya yang beragama muslim untuk segera memenuhi kewajiban zakatnya,” tuturnya.

Dalam kegiatan pembayaran zakat tahun 1441 H secara online ini, tak hanya Presiden dan Wakil Presiden saja yang juga menyalurkan zakat ke Baznas. Sejumlah menteri pun turut serta mendampingi diantaranya Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, Menteri Agama, Fachrul Razi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir serta Sekretaris Kabinet RI, Pramono Anung.

Selain itu acara juga diikuti oleh pejabat eselon I Kementerian dan Lembaga, para anggota Direksi dan Komisaris BUMN, dan Pimpinan HIPMI melalui live streaming Youtube untuk berzakat secara online. Baznas mengajak kepada seluruh peserta untuk dapat berzakat seperti Presiden dan Wakil Presiden melalui rekening yang sudah disediakan oleh panitia yakni BRI Syariah 1000783214 a.n Badan Amil Zakat Nasional, atau website BAZNAS: baznas.go.id/bayarzakat.