BREAKINGNEWS.CO.ID – Presiden Inter Milan asal Indonesia, Erick Thohir mengapresiasi terobosan Juventus untuk merekrut pemain mega bintang, Cristinano Ronaldo dari Real Madrid. Ia menilai apa yang dilakukan klub berjuluk Nyonya Tua tersebut akan menaikan level Serie A yang selama ini secara persaingan telah mengalami penurunan drastis jika dibanding dengan Primer League dan La Liga.

Ronaldo resmi bergabung dengan Juventus pada Selasa (10/7/2018). Dia diboyong dari Real Madrid dengan harga 100 juta poundsterling. Juventus mengontraknya selama empat tahun dengan gaji sebesar 30 juta poundsterling per tahun, atau 550 ribu poundsterling per pekan. Dengan demikian secara otomatis Ronaldo akan merumput dan bermaian di Serie A sebagai liga utama di negeri Pizza tersebut.

Presiden Inter Milan asal Indonesia, Erick Thohir

“Serie A selama ini merupakan liga terbaik pada tahun 90an, di mana tentu dengan banyaknya persaingan dengan liga-liga lain, akhirnya Liga Inggris yang terbesar saat ini. Yang masih bersaing itu Liga Italia dan LA Liga (Spanyol). La Liga cukup didominasi oleh tiga klub saja (Real Madrid, Barcelona dan Atletico Madrid), sementara di Liga Italia (Serie A) persaingan masih melibatkan enam klub papan atas. Makanya persaingan Seire A lebih rumit,” ungkap Erick saat ditemui di kantor Inasgoc, Senayan, Jakarta, Kamis (12/7/2018).   

“Memang selama ini pemain-pemain top dunia mainnya di La Liga, apalagi dua pemain terbaik dunia (Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo) bermain di sana. Tepi di Inggris juga banyak pemaian dunia top lainnya. Sementara di Liga Prancis sendiri juga membuat gebrakan lewat salah satu klub terbaik mereka saat ini, yakni PSG. Namun yang terbaik cuma PSG saja, lebih kurang bersaing dari La Liga,” jalasnya.

“Saya rasa apa yang saya bicarakan di 2013 lalu, hari ini menjadi kenyataan, bahwa Liga Italia perlu namanya investor baru agar dapat mengeliatkan perekonomian sepak bolanya, karena ada injeksi dana baru dan manejemen baru. Dengan kehadiran Ronaldo di Seria A, sudah barang pasti akan menaikan status dan level dari Serie A, dan itu sangat positif. Sebab kehadirannya akan mendongkrak siaran Serie A itu sendiri. Jangan lagi deh ditanya mengenai kenaikan penjualan tiket, sudah pasti akan sold out terus,” terangnya.

“Jika dilihat dari segi ekonomi harus diakui kalau kehadiran Ronaldo akan membawa pengaruh besar bagi Serie A. Tapi secara persaingan, itu urusan kedua, secara Inter Milan pun tak kalah dengan mereklut Raja Nainggolan. Saya pastikan persaingan akan sengit pada musim baru ini,” ucap pria yang juga menjabat sebagai ketua Inasgoc dan Komite Olahraga Indonesia ini.