BREAKINGNEWS.CO.ID - Prancis merengkuh gelar juara Piala Dunia 2018. Hasil itu mereka dapatkan setelah berhasil mengandaskan perlawanan Kroasia di babak final. Dalam pertandingan yang digelar di Luzhniki Stadium, Moskow, Minggu (15/7/2018) malam WIB. Les Bleus menang dengan skor 4-2. Empat gol kemenangan pasukan Didier Deschamps dicetak oleh gol bunuh diri dari Mario Mandzukic menit ke-18, penalti Antoine Griezmann (38'), Paul Pogba (59'), Kylian Mbappe (65'). Sementara itu, gol penghibur Kroasia dicetak oleh Ivan Perisic menit ke-28, dan Mario Mandzukic menit ke-69.

Paruh pertama berjalan, Timnas Kroasia langsung tampil menekan. Tim asuhan Zlatko Dalic ini nampaknya mengincar gol terlebih dahulu di awal awal laga. Pada menit ke-4 Kroasia mulai menebar ancaman, Perisic berhasil melakukan intersepsi dari sisi kiri. Namun sayangnya, Samuel Umtiti berhasil menghalau bola. Hingga 15 menit laga berjalan, Kroasia masih berhasil menguasai pengusaan bola. Mereka mampu mengurung pertahanan Timnas Prancis. Namun, justru Prancis lah yang berhasil unggul lebih dulu pada menit ke-18. Berawal dari tembakan bebas Antoine Griezmann kedalam kotak pertahanan Kroasia, Mario Mandzukic yang mencoba menghalau bola justru melakukan gol bunuh diri. 

Tertinggal satu gol, Kroasia kembali mulai membangun serangan demi mendapatkan gol penyeimbang. Pada menit ke-24, Kroasia pun berhasil mendapatkan peluang. Berawal dari Mandzukic yang mengirimkan umpan lambung, Rakitic meneruskannya dengan tendangan setengah voli. Namun sayang, tembakannya masih melebar.

Empat menit berselang, Kroasia akhirnya berhasil menyamakan kedudukan. Adalah Ivan Perisic yang berhasil mencantumkan namanya di papan skor. Tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti, tak mampu dihalau oleh Hugo Lloris. Skor pun berubah 1-1. Akan tetapi, skor tersebut tak bertahan lama. Karena, Prancis kembali unggul sepuluh menit kemudian. Berawal dari handball Ivan Perisic pada menit ke-34. Para pemain Prancis menuntut wasit Nestor Pitana melihat VAR . Setelah mengamati video, wasit menunjuk titik putih. Antoine Griezmann membawa Prancis unggul 2-1 atas Kroasia lewat penalti pada menit ke-38. Skor pun bertahan hingga babak pertama usai.

Tertinggal satu gol membuat Kroasia bermain lebih menyerang lagi pada babak kedua. Dua menit setelah pluit pertandingan kembali dimulai, Vatreni mengancam melalui Ante Rebic yang menerima umpan terobosan Ivan Rakitic. Akan tetapi, Hugo Lloris melakukan penyelamatan penting, gawang Prancis pun masih aman. Menit ke-59, Prancis justru mampu mencetak gol tambahan melalui gol dari Pogba. Berawal dari pergerakan Kylian Mbappe di sisi kiri pertahanan Kroasia, pemain Paris Saint-Germain itu mengirim umpan ke Antoine Griezmann. Griezmann lalu menyodorkan bola kepada Pogba yang tendangan pertamanya berhasil diblok lini pertahanan Kroasia. Usaha kedua Pogba kemudian membuahkan hasil. Melepaskan tendangan kaki kiri ke pojok kanan gawang, bola hasil tendangan Pogba tidak mampu dihentikan Subasic.

Prancis semakin menjadi-jadi, tujuh menit berselang, mereka kembali unggul menjadi 4-1 setelah Kylian Mbappe mencetak gol. Menerima umpan dari Hernandez, Mbappe melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang tak bisa diantisipasi oleh Subasic. Pertandingan semakin memanas. Kroasia berhasil memperkecil ketertinggalan melalui Mario Manzukic menit ke-69. Berawal dari kesalahan Hugo Lloris yang terlalu lama menguasai bola, pemain Juventus itu menutup ruang dari Lloris. Lloris pun yang tertekan melalukan sapuan bola yang kurang bersih, alhasil bola mengenai kaki Mandzukic dan mengawah ke gawang. Skor pun berubah 4-2.

Ivan Rakitic pada menit ke-77 hampir mencetak gol untuk Kroasia. Tapi, tendangan kaki kiri gelandang Barcelona itu masih tipis di sisi kiri gawang Prancis. Memasuki menit ke-80 serangan lebih banyak dilakukan Kroasia. Vatreni masih percaya diri bisa setidaknya mengimbangi kedudukan. Pada sisa waktu yang ada, Kroasia tak mampu mencetak gol. Alhasil, Prancis juara piala dunia 2018. Selamat untuk Prancis!!!!

Susunan Pemain

Timnas Prancis: Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez; Paul Pogba, N'Golo Kante; Blaise Matuidi, Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud.

Timnas Kroasia: Danijel Subasic; Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Ivan Strinic; Marcelo Brozovic, Ivan Rakitic; Ante Rebic, Luka Modric, Ivan Perisic; Mario Mandzukic.