BREAKINGNEWS.CO.ID - Perhimpunan Profesi Pilot Indonesia (PPPI) merupakan sebuah organisasi profesi pilot yang keberadaannya sebagai wadah bagi para pilot Indonesia dari berbagai macam maskapai penerbangan. PPPI terbentuk guna mewujudkan keselamatan dan kenyamanan penerbangan serta meningkatkan kualitas para pilot Indonesia.

Dengan semakin berkembangnya teknologi penerbangan dunia saat ini, PPPI memiliki tanggung jawab besar untuk terus meningkatkan kualitas para anggotanya demi kenyamanan serta keselamatan bagi para pengguna jasa penerbangan. Demi keberlangsungan aktifitas dan program tersebut, PPPI bersinergi dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif Republik Indonesia untuk bersama menjadikan kampanye keselamatan penerbangan ini sebagai program digitalisasi dan edukasi untuk membangun kesadaran dan mensosialisasikan keselamatan penerbangan secara komprehensif kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, PPPI bersama Indonesia Air Traffic Controller Association (IATCA) menggandeng PT Tiga Ruang Imajinasi (Triguw) selaku EO dan digital partner mengadakan acara Aviation Safety Campaign 4.0 dengan mengusung tema “Aviation Safety Starts with me” yang akan menjadi kampanye roadshow ke bandara-bandara di Indonesia. Tahun ini acara Aviation Safety Campaign 4.0 akan diselenggarakan di Bandara Soekarno Hatta dilanjutkan ke Bandara Juanda, Surabaya, Sultan Hasanuddin, Makassar dan Bandara Kualanamu, Medan.

Dalam acara tersebut tidak hanya perusahaan penerbangan saja yang turut berpartisipasi, akan tetapi ada juga PT Pertamina (Persero) pun ikut berpartisipasi sebagai sponsor utama guna mendukung Aviation Safety Campaign, serta PT Citilink Indonesia dan Nam Air juga ikut berkontribusi untuk kemudian mendukung acara ini agar dikemas dengan edukasi melalui simulasi keselamtan secara langsung dan kegiatan kampanye serta talkshow pada saat acara agar tersampaikannya pesan-pesan kampanye keselamatan penerbangan secara langsung.

Acara ini diselenggarakan selama tiga hari, 20 – 23 Januari 2020 di Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta. Acara itu sendiri bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan penerbangan yang ternyata harus dimulai dari diri sendiri agar semakin berkembangnya dunia aviasi di Indonesia yang selamat, edukatif, dan kondusif, sehingga masyarakat Indonesia tidak lagi menganggap bahwa bandara sebagai satu-satunya tempat paling mewah. Melalui kampanye ini, diharapkan masyarakat mengetahui begitu pentingnya memahami secara rinci aspek-aspek keselamatan penerbangan.

Kampanye keselamatan penerbangan ini akan selalu bersamaan dengan acara Digital Reality Festival yang akan diikuti para pelaku industri kreatif digital, AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality) demi mewujudkan program digitalisasi bandara Indonesia.

Melalui acara ini, PPPI dan IATCA berharap keselamatan penerbangan bukan dimulai pada saat kedatangan di bandara, melainkan sebelum menentukan dan memutuskan untuk bepergian melalui moda transportasi udara, serta harus dimulai dari diri sendiri, bukan orang lain.