BREAKINGNEWS.CO.ID – Sebanyak 44 peserta dari berbagai daerah ditanah air mengikuti seleksi nasional pertama cabang olahraga pentathlon SEA Games dengan tiga nomor pertandingan di GOR Soemantri Brojonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (29/1/2019).

"Dalam seleksi ini diikuti oleh 44 peserta. para peserta tersebut mengikuti 3 nomor seperti renang 200m, lari 1600m dan menembak, hasilnya cukup lumayan,"ujar Fatur Rohman anggota Kabid Binpres PB Persatuan Modern Pentathlon Indonesia ( PMPI) di Stadion Soemantri Brojonegoro, Kuningan Jakarta Selatan, Selasa (29/1).

Menurut Fatur, seleksi ini akan terus berkelanjutan menjelang SEA Games, karena yang perlu diwaspadai Indonesia adalah negeri gajah putih Thailand. "pada saat ajang Asian Games 2018 lalu yang berlangsung di BSD, posisi Indonesia sangat bersaing dengan Thailand, untuk itu kita perlu exstra keras,"tambahnya.

Menyinggung pelatnas SEA Games, Fatur yang didampingi pelatih lari Emma mantan atlet Atletik mengatakan, pihak PB Menargetkan 2 keping emas di SEA Games Manila, Filipina. "Untuk mencapai target tersebut para atletnya nanti akan melakukan TC di Korea dan China, hal ini seperti Asian Games lalu, tinggal pemolesan saja, target 2 emas tersebut akan di dapat pada nomor laser run."ucap Fatur.

Ditempat yang sama, atlet pentathlon Mas'ud Abdullah menuturkan, seleksi ini sangat ketat, sehingga perlu latihan keras karena bersaing dengan kawan-kawannya sendiri untuk masuk dalam tim inti.

Sementara itu, Castor Ketua Pelakasana menjelaskan, dalam seleksi awal ini, pihaknya lebih fokus ke renang karena ketahanan tubuh peserta lebih banyak diforsir dari renang setelah berlari 1600m. "Di renang kita sampai mengadakan ambulance dan dokter yang cukup, karena peserta bisa saja maksimal dilari dan menembak namun belum tentu maksimal di renang,"tuturnya.

Dalam seleksi pertama menuju SEA Games, cabang modern pentathlon peserta harus menyelesaikan 3 disiplin olahraga yakni laser run, swimming laser run individual putra, laser run individual dan swimming laser run individual putri serta laser run mixed relay serta swimming laser run mixed relay.