BREAKINGNEWS.CO.ID - Portugal akan menjadi tuan rumah putaran final UEFA Nations League. Kepastian itu didapat setelah Portugal menjadi juara Liga A Grup 3. Sebelumnya, Portugal bersaing dengan Polandia, dan Italia untuk menjadi tuan rumah ajang ini. Karena ketiga tim tersebut sama-sama menempati Liga A Grup 3, UEFA memutuskan sang juara grup yang bakal menjadi tuan rumah.

Portugal sukses menjadi juara Grup 3 ,usai bermain imbang 0-0 dengan Italia di Giuseppe Meazza, Minggu dini hari WIB, 18 November 2018. Dilansir situs resmi UEFA, hasil ini memastikan Portugal menjadi tuan rumah putaran final.

Portugal akan bergabung dengan tiga juara grup lainnya di Liga A. Dua stadion akan digunakan untuk putaran final, yakni Estadio do Dragao di Porto dan Estadio D Alfonso Henriques di Guimaraes. Semifinal UEFA Nations League bakal berlangsung pada 5 dan 6 Juni 2019. Setelah itu, ada duel perebutan tempat ketiga dan final yang berlangsung pada 9 Juni 2019.

Portugal tak Terkalahkan

Meski menyisakan satu pertandingan lagi, Portugal telah dipastikan menjadi juara Liga A Grup 3. Mereka menyisakan satu laga lagi melawan Polandia pada Rabu (21/11). Menariknya, Portugal yang tidak diperkuat oleh pemain andalannya Cristiano Ronaldo dalam ajang ini tampil tetap spektakuler. Dari tiga laga yang telah dijalani, mereka tak sekalipun tersentuh oleh kekalahan. Dua laga mereka berhasil menang.

Pada laga terakhir, Portugal sukses meredam Italia di San Siro. Padahal jika melihat pola serangan yang dibangun Ciro Immobile dan kawan-kawan, tuan rumah punya kans untuk memetik kemenangan melawan portugal.

Hasil 0-0 memastikan membuat Portugal melaju ke semifinal seusai memastikan diri menjadi juara Grup 3. Portugal menjadi pemuncak grup dengan koleksi 7 poin dari tiga pertandingan. Italia finis di posisi kedua dengan lima poin dari empat pertandingan. Polandia yang menjadi lawan Portugal pada laga pamungkas grup, berada di dasar klasemen dan dipastikan terdegradasi karena baru meraih satu poin dari tiga laga.