BREAKINGNEWS.CO.ID - Usai mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 14-7 atas Malaysia di New Clark City Aquatic Center, Clark, Filipina, Jumat (29/11/2019), Timnas polo air putra Indonesia menjadi tim yang tidak terkalahkan di SEA Games 2019 Filipina.

Dengan hasil tersebut, Indonesia kokoh di puncak klasemen dengan raihan tujuh poin, setelah ditahan imbang Filipina 6-6, menang atas Thailand 17-12 dan mengalahkan Singapura 7-5, demikian dikutip dari laman resmi SEA Games 2019 Filipina.

Delvin Felliciano dan Yusuf Budiman menjadi pencetak gol terbanyak hari itu dengan masing-masing menyumbang tiga gol bagi Indonesia.

Indonesia menjadi juara dan meraih medali emas dari polo air putra untuk kali pertama sejak ikut SEA Games pertama kali pada 1977. Medali Indonesia dipastikan setelah Filipina yang berada di peringkat dua klasemen, bermain imbang dengan Zingapura dengan skor 6-6.

Sehingga dipastikan Filipina tidak bisa mengejar Indonesia. Karena total poin Filipina saat ini hanya 4. Kalau pun Filipina menang di pertandingan terakhir melawan Malaysia, total raihan poinnya hanya 6.

Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, Harry Warganegara mengucapkan selamat atas keberhasilan Timnas Polo Air Putra Indonesia mencetak sejarah dengan merebut emas pertama kali sejak tampil di SEA Games Malaysia 1977 sekaligus menyumbangkan emas pertama bagi Kontingen Indonesia.

"Alhamdulillah akhirnya Tim Polo Air Putra Indonesia mampu mencetak sejarah pertama kali merebut emas sejak 42 tahun ikut SEA Games dan menjadi penyumbang medali emas pertama bagi Kontingen Indonesia. Ini merupakan langkah awal yang baik. Semoga bisa diikuti cabang-cabang olahraga lainnya," kata Harry Warganegara.

Pertandingan polo air putra di SEA Games 2019 diikuti lima negara, yaitu Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, dan Thailand, menggunakan sistem kompetisi di mana juara ditentukan dari poin tertinggi usai semua tim memainkan masing-masing empat laga.