BREAKINGNEWS.CO.ID -  Tim Polteknik Pertanian Negeri (Politani) Samarinda membidik gelar LIMA Futsal: Bolalob.com Kalimantan Conference Season 7 setelah mengalahkan Universitas Balikpapan (Uniba) dengan skor 10-3.

Sebelum laga  di Auditorium Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi pada Kamis (31/10/2019) tersebut, Politani sudah meraih empat kemenangan dan sekaligus memperbesar peluang meraih gelar juara.

Dengan kemenangan ke lima ini, Politani masih nyaman berada di puncak klasemen sementara. Sedangkan Uniba baru mengantungi dua kemenangan dan tiga kekalahan  dari lima pertandingan dan  harus puas berada di peringkat dua terbawah.

Pada pertemuan ini,  Politani sudah membuka keunggulan dengan tiga gol hanya dalam rentang waktu lima menit sejak wasit meniup tanda dimulainya pertandingan. Gol pertama dan kedua berasal dari Aloysius Abel Dorage pada menit kedua dan ketiga. Kecekatannya dalam menggiring bola mampu menembus gawang lawan secara mudah.

Aprianto Samwin Jaya mencetak gol ketiga dengan mudah untuk Politani setelah bekerja sama dengan Aloysius. Kedudukan menjadi 3-0 keunggulan untuk Politani pada menit kelima.

Setelah tertinggal dua gol, Sendy Adhitia Rawaldi, menciptakan gol pertama untuk Uniba setelah melakukan kerja sama dengan Fernandes. Gol ini merupakan gol kelima yang dicetak student-athlete berusia 19 tahun tersebut.

Aprianto memastikan hattrick dengan mencetak dua gol berturut-turut pada menit ketujuh dan kesembilan. Dengan tiga gol pada laga ini, student-athlete jurusan Manajemen Pertanian tersebut telah menciptakan 14 gol di  ajang ini.

Setelah skor menjadi 5-1, dua pemain Politani masing-masing mencetak satu gol. Pada menit ke-15, Karlossius mengukir gol setelah merebut bola dari umpan yang diberikan lawan, Dion. Christian Tappang Rara yang juga turut menyumbang gol lewat tendangan bebas yang didapat Politani akibat pelanggaran yang dilakukan pemain Uniba, Khairul Tamsir. Gol dari student-athlete dengan nomor punggung 4 tersebut menutup babak pertama.

Pada babak kedua, Politani menambah tiga gol. Dua gol berasal dari Aloysius pada menit ke-24 dan 25. Dengan gol tersebut, student-athlete asal Surabaya ini menciptakan quadtrick pada pertandingan ini. Pada menit ke-28, Diaz Christi Sanjaya mencetak gol terakhir untuk Politani.

Meski tertinggal 10 gol, Uniba tetap berjuang untuk mencetak gol. Akhirnya, salah satu student-atlhlete mereka, Jodi Irawan, berhasil menyumbang dua gol pada menit ke-29 dan 36. Gol dari Jodi menjadi penutup pertandingan ini.

Pelatih Politani, Yudhabarata, mengaku bahwa hasil yang didapat karena anak-anak didiknya termotivasi untuk melaju ke Nationals. Ia mengatakan, “Alhamdulillah kami masih diberi kemenangan sampai saat ini. Hasil ini juga berkat kerja keras anak-anak karena mereka selalu bermain secara sungguh-sungguh hingga menghasilkan poin yang maksimal. Kompetisi ini menjadi momen bagi mereka bisa berprestasi tingkat Nationals. Oleh karena itu, pada pertandingan terakhir nanti, kami akan berusaha dengan keras agar bisa mewakili Kalimantan ke tingkat Nationals.”

Kekalahan ini praktis menutup peluang Uniba maju ke final national karena peringkat mereka ada di luar tiga besar. Namun demikian, mereka tetap bangga dengan apa yang telah diperlihatkan pada kompetisi ini.

“Pertandingan tadi luar biasa dan bisa menjadi pembelajaran bagi kami. Akan tetapi, selama lima pertandingan ini anak-anak mengalami peningkatan. Kami akan beristirahat secara maksimal untuk pertandingan besok karena kami akan memperlihatkan kemampuan kembali demi mengangkat nama kampus. Apalagi kapten kami akan ikut bertanding lagi,”ujar pelatih Uniba  I Gede Dion Pranata Kusuma.

Politani akan melakoni laga penentu melawan pengisi peringkat kedua klasemen, Universitas Mulawarman (Unmul) yang mengoleksi poin sama. Pertandingan pada Jumat (1/11/2019)  tersebut patut ditunggu karena menjadi penentu juara zona Kalimantan ini.