BREAKINGNEWS.CO.ID - Polda Metro Jaya bergerak cepat. Sosok perekam aksi Hermawan Susanto yang mengancam 'memenggal kepala Jokowi' telah diciduk. Hal itu dibenarkan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono.

"Iya yang bersangkutan sudah ditangkap," kata Argo saat dikonfirmasi, Rabu (15/5/2019).

Tersangka perekam yang telah diciduk adalah seorang perempuan berinisial IY. Namun, Argo belum merinci soal penangkapan perempuan yang juga menyebar video ini.

Argo hanya menyebut pelaku diciduk di kawasan Bekasi. IY kini tengah digelandang ke Polda Metro Jaya. "Ditangkap di Bekasi ya," katanya.

Sebelumnya, jagat media sosial Twitter digegerkan dengan beredarnya sebuah rekaman video yang memperlihatkan para pendemo berteriak 'penggal kepala Jokowi' saat menggelar aksi di kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada Jumat, 10 Mei kemarin. Dalam video yang viral tersebut, pria kelahiran 8 Maret 1994 tersebut diduga melakukan ujaran bernada ancaman pembunuhan pada simbol negara yakni Presiden saat berada di tengah aksi demonstrasi di depan kantor Bawaslu.

Hermawan Susanto dijerat dengan tindak pidana kejahatan terhadap keamanan negara dan tindak pidana di bidang ITE dengan modus Pengancaman Pembunuhan terhadap Presiden RI yang sedang viral di media sosial saat sekarang ini sebagaimana dimaksud dalam pasal 104 KUHP dan Pasal 27 ayat 4 junto pasal 45 ayat 1 UU RI no 19 tahun 2016 perubahan atas UU RI no 11 tahun 2008 tentang ITE.